logo


Fadli Zon Tetap Kritik, Gerindra: Tidak Mengganggu Harmonisasi Boleh Saja

Andre menyebut kritik Fadli merupakan bentuk pengawasan terhadap pemerintah

8 November 2019 10:00 WIB

Andre Rosiade
Andre Rosiade Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, rajin melontarkan kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo meski partainya sudah berada di koalisi. Anggota DPR F-Gerindra, Andre Rosiade, membela sikap Fadli Zon tersebut.

"Memang saat ini Partai Gerindra adalah pendukung pemerintah ya, di mana Pak Prabowo dan Bang Edhy Prabowo jadi Menhan dan Menteri KKP, sudah tentu Partai Gerindra sebagai koalisi dan menjadi mendukung pemerintah. Tapi tentu saja kita di parlemen tetap melaksanakan tugas fungsi anggota DPR, yaitu mengawasi pemerintah," kata Andre Rosiade, Kamis (7/11).

Andre menyebut kritik Fadli merupakan bentuk pengawasan terhadap pemerintah. Menurutnya, kritik dari Fadli agar visi misi Jokowi terwujud.


Fadli Zon ke Nadiem Makarim: Pendidikan Bukanlah Tempat Berjudi dan Berspekulasi

"Mengawasi pemerintah dengan cara memberikan masukan, memberikan saran, kepada pemerintah agar pemerintah bekerja sesuai yang diinginkan Presiden Jokowi. Agar menteri-menteri bisa berjalan sesuai target dan harapan presiden Jokowi karena visi misi menteri nggak ada, yang ada visi misi presiden," katanya.

Menurutnya, kritik yang dilontarkan Fadli masih lumrah dan beretika.

"Saya rasa selama kritiknya masih lumrah dan memenuhi etika berkoalisi tanpa mengganggu harmonisasi berkoalisi itu sah-sah saja. Kita lihat kemarin di Komisi VIII partai pendukung pemerintah yang lain mengkritisi Menag, teman-teman di Komisi IX yang pendukung pemerintah juga mengkritisi Menkes dan BPJS," ucap Andre.

"Saya rasa selama etika dan adab dari koalisi itu dipakai dan tidak mengganggu harmonisasi boleh saja kita mengkritisi. Tapi memang ada yang berbeda mengkritik sebagai koalisi dengan mengkritik sebagai oposisi, ada adabnya. Saya juga kritik Menag, kepada BJPS saya melakukan kritik kemarin, bahkan saya juga mengkritik soal situasi industri semen nasional yang berat kondisinya sekarang," imbuh anggota Komisi VI DPR itu.

Berkoalisi tapi Tetap Kritik, Fadli Zon: Kritik Adalah Vitamin bagi Demokrasi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata