logo


Grab Indonesia Bangun GrabKios di Seluruh Indonesia, Menteri Koperasi dan UKM: Pasarkan Juga Produk Usaha Mikro

simak penjelasannya

7 November 2019 20:29 WIB

dok.jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapreasiasi langkah Grab Indonesia membangun GrabKios di seluruh Indonesia.

“Saya meyakini dengan aplikasi ini seluruh warung yang ada, yang notabene pelaku usaha mikro, bisa mengambil manfaat besar untuk menciptakan daya saing di pasar,” ujar Teten di Jakarta, Kamis (7/11).

Dalam hal ini, Teten meminta GrabKios jangan hanya memasarkan produk dari usaha besar saja, melainkan juga harus turut memasarkan produk hasil industri rumahan (usaha mikro).


Menkop UKM Berikan Penghargaan Koperasi Berprestasi dan Jasa Bakti Koperasi

"Bila dari sisi kemasan belum menarik, ya perbaiki, dengan langkah pendampingan hingga berujung pada kemasan yang mampu menarik konsumen. Sehingga, produk UKM bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,”’ tuturnya.

Dia menilai bahwa saat ini produk UMKM membutuhkan sentuhan teknologi aplikasi dalam memasarkan produk-produknya.

"Dengan digitalisasi seperti ini, saya meyakini akan ada peningkatan ekonomi di warung-warung. Intinya, dengan digitalisasi maka pasar UMKM akan menjadi lebih besar lagi,” ujarnya.

Teten mengakui, saat ini usaha warung menghadapi tantangan berat dengan menjamurnya jaringan ritel moderen di seluruh Indonesia. Bahkan, tak sedikit warung yang mati karena tak memiliki daya saing dengan ritel moderen.

“Disini saya harapkan peran dari GrabKios untuk meningkatkan daya saing warung melalui aplikasi digitalisasi ekonomi,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Teten, warung-warung juga harus memiliki akses yang sama dengan ritel moderen, khususnya dalam mengakses barang-barang secara langsung dari pabrikan dan distributor besar.

“Yang pada ujungnya, ada kesamaan harga di warung dan ritel moderen. Selama ini kan harga jualnya tidak sama, karena keterbatasan warung dalam mengakses barang dari pabrikan,” pungkasnya.

Siap-Siap Gojek dan Grab Akan Jadi Transportasi Umum

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia