logo


Lola Zieta Mengaku Dirinya Seorang Panseksual. Apa itu?

berikut penjelasannya

7 November 2019 16:59 WIB

https://akcdn.detik.net.id/visual/2019/11/05/31b4de42-c501-43b9-b278-ea4413168844_169.jpeg?w=900&q=90\n
https://akcdn.detik.net.id/visual/2019/11/05/31b4de42-c501-43b9-b278-ea4413168844_169.jpeg?w=900&q=90
dibaca 2151 x

Istilah panseksualitas mulai dikenal dalam Bahasa Inggris pada awal abad ke-20. Namun, panseksual sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Mungkin selama ini kalian hanya pernah dengar heteroseksual dan homoseksual (gay dan lesbian) sebagai orientasi seksual. Namun, ternyata orientasi seksual adalah spektrum yang sangat luas. Tak cuma heteroseksual, homoseksual, dan biseksual saja yang bisa digolongkan sebagai orientasi seksual.

Ya, bebrapa waktu yang lalu tengah viral pengakuan seorang model berusia 24 tahun bernama lengkap Lola Zieta Azelien yang mengaku dirinya panseksual di channel youtube Deddy Corbuzier. Lalu apa itu panseksual?


My Hero Academia Season 4 Akan Rilis Villains Baru, Yuk Intip Anggota Terkuat League of Villains

Menurut sosiolog Emily Lenning, dikutip dari Psychology Today, pansesual adalah ketertarikan terhadap seseorang, terlepas dari jenis kelamin, gender, ataupun orientasi seksualnya.

Sebelum mejelaskan lebih jauh soal panseksual, kita perlu mengetahui apa itu kelamin, gender, ataupun orientasi seksual.

Jenis kelamin

Memiliki makna ciri-ciri biologis yang dimiliki seseorang ketika dilahirkan. seseorang yang memiliki vagina misalnya berarti berjenis kelamin perempuan. sedangkan seseorang yang memiliki penis berarti berjenis kelamin laki-laki.

Gender

Gender berbeda dengan jenis kelamin. Gender adalah peran sosial dan identitas seseorang dalam masyarakat, mungkin saja terlepas dari jenis kelaminnya. Maka, seseorang yang lahir dengan penis, tapi merasa dirinya adalah perempuan, bisa jadi memiliki gender transpuan (transgender-perempuan). Atau orang yang lahir dengan vagina, tapi tidak merasa bahwa dirinya perempuan atau laki-laki, bisa jadi merupakan seorang agender. Sedangkan orang yang dilahirkan dengan vagina dan merasa bahwa identitasnya adalah sebagai perempuan, memiliki gender perempuan.

Orientasi seksual

Orientasi seksual sendiri sederhananya adalah kepada siapa seseorang memiliki ketertarikan seksual. Seperti ketertarikan terhadap lawan jenis disebut heteroseksualitas. Ketertarikan terhadap sesama jenis disebut homoseksualitas (gay atau lesbian). Ketertarikan terhadap kedua jenis kelamin dan/ atau gender (laki-laki dan perempuan) disebut biseksualitas. Sedangkan ketertarikan pada jenis kelamin, gender, dan orientasi seksual apa saja disebut panseksual.

jika diperluas artinya, panseksual adalah ketertarikan kepada seseorang, tak peduli apakah orang itu gay, lesbian, transgender, pria, atau wanita. Panseksual adalah jenis orientasi seksual yang tidak terbatas dan unik. Biasanya, orang panseksual menemukan daya tarik pada seseorang lewat bagaimana rasa romantisme, emosional, dan kepribadian antar satu sama lain terhubung.

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Karakter Anime yang Lebih Kuat dari Saitama, Nomor 3 Tidak Disangka

Halaman: 
Admin : Tino Aditia