logo


Kebiasaan Sopan di Indonesia Ini Justru Dianggap Buruk di Negara Lain

Apa saja?

7 November 2019 14:06 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bagi kamu yang ingin pergi ke luar negeri, wajib mengetahui tentang budaya atau kebiasaan negara yang akan dituju.

Karena tidak semua negara memiliki tradisi yang sama, apalagi soal sopan santun. Dilansir dari Sehatreceh, berikut kebiasaan sopan santun di Indonesia yang justru dianggap kasar di negara lain.

1. Senyum di Rusia


4 Kemiripan Cerita Manga Haikyuu dan Kuroko No Basket, Apa Saja?

Di Indonesia tersenyum saat bertemu orang akan menimbulkan kesan ramah dan sopan. Akan tetapi, kesan itu tidak muncul jika kamu melakukannya di Rusia.

Di Rusia, senyuman dianggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan bila bertemu dengan orang asing. Senyuman menimbulkan kesan 'menggoda' ketika bertemu orang asing di Rusia.

Jadi, orang di Rusia hanya akan tersenyum kepada orang yang dikenalnya, seperti keluarga dan teman.

2. Makanan sampai habis di China

Orang Indonesia yang bertamu terbiasa menghabiskan makanan tanpa sisa untuk menghargai pemberian makanan atau tuan rumah. Makanan yang habis menjadi tanda bahwa makanan yang disajikan memang lezat.

Di China, menghabiskan makanan yang diberikan tuan rumah justru akan dianggap bahwa makanan yang diberikan oleh tuan rumah tidak cukup mengisi perut. Meski tidak dihabiskan, mereka akan paham bahwa kamu bisa menikmati makanan yang disajikan.

3. Memberi tip di Jepang

Memberikan tip bagi orang Indonesia dianggap sebagai bentuk apresiasi terhadap orang yang menerima tip.

Namun, Jepang menganggap pemberian tip adalah suatu penghinaan. Masyarakat Jepang menerapkan kebiasaan ini karena mereka sudah memberikan pelayanan terbaik tanpa mengharapkan imbalan lebih.

4. Jangan membuka hadiah secara langsung di India

Bagi orang Indonesia, membuka kado secara langsung bisa membuat si pemberi senang melihat antusias si penerima.

Tapi, bagi orang di India hal itu justru meninbulkan kesan serakah.

3 Ritual Adat Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata