logo


Pesta Kecil dengan Setan, Kamu Berani Coba Permainan Ini?

berikut penjelasannya

6 November 2019 20:43 WIB

idntimes.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pernahkah anda mendengar lafal “Datang tak diundang, pulang tak diantar?”

Kalimat tersebut seringkali terdengar dalam permainan mistis yang bernama Jelangkung.

Konon, permainan yang melibatkan energi alam gaib ini berasal dari salah satu kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa. Jaelangkung atau Jelangkung berasal dari kata "Cai Lan Gong" atau Kakek Keranjang Sayur.


Pertolongan Pertama dalam Kasus Kesurupan

Masyarakat Tionghoa sangat menghormati dan menjunjung tinggi leluhur mereka, sehingga permainan ini diciptakan untuk memanggil roh leluhur untuk melindungi anak-anaknya.

Roh tersebut kemudian dimasukan ke dalam media boneka kayu yang dilengkapi dengan alat tulis. Roh tersebut hadir ditandai dengan boneka kayu tersebut bergerak dan akan menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan dengan cara menuliskan jawaban diatas sebuah papan tulis atau media yang lain.

Meski jelas melibatkan makhluk gaib, namun Jelangkung merupakan sebuah permainan yang cukup terkenal. Meski berlabel permainan, namun permainan ini sejatinya sangat berbahaya karena berhubungan dengan makhluk dunia lain. Apalagi jika roh-roh yang datang adalah roh-roh penasaran yang meninggal secara tidak wajar.

Biasanya, jika roh yang merasuki boneka kayu itu merupakan roh jahat, sebelum permainan diakhiri, roh tersebut akan mengajukan berbagai persyaratan kepada para pemain.

Konon, ketika para pemain Jelangkung ini tidak sanggup memenuhi persyaratannya, maka makhluk gaib ini akan datang untuk mengganggu mereka atau merasuki pemain Jaelangkung tersebut.

Sebelum memulai permainan, para pemain diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan yakni sesajen, tanah kuburan, dan lain-lain. Selain itu, pemain juga harus menyiapkan mental untuk menanggung semua resiko dari permainan ini.

Permainan dimulai dengan melafalkan mantra secara berulang-ulang hingga makhluk gaib berhasil masuk ke dalam boneka kayu tersebut. Lafal mantra yang terkenal adalah seperti ini:

"Jalangkung Jalangset di sini ada pesta, pesta kecil-kecilan. Jaelangkung Jaelangset datang gak dijemput pulang tak diantar."

Satu hal yang wajib dipahami, makhluk alam gaib sejatinya tidak ingin dibuat mainan.

Mitos Seputar Traveling yang Berlaku di Masyarakat Jawa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia