logo


Cuma Modal HP Bisa Bikin Foto Instagramable saat Traveling? Begini Caranya

simak penjelasannya

6 November 2019 17:49 WIB

infoviral.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kegiatan traveling atau jalan-jalan tidak lengkap tanpa mengabadikan momen keseruan ataupun pemandangannya. Berikut ini 10 hal yang harus kamu perhatikan jika ingin menghasilkan jepretan ala fotographer profesional saat traveling.

1. Gunakan peralatan fotografi sederhana yang cukup dibawa dalam satu tas kecil. Kamu bisa mengisi tasmu dengan kamera, lensa cadangan, charger, tripod, baterai cadangan, dan kartu memori. Jika kamu ingin lebih praktis, gunakan saja smartphone. Beberapa smartphone saat ini sudah memiliki kamera yang kualitasnya tidak kalah dengan kamera digital.

2. Kalau kamu ingin lebih menonjolkan objek foto, kamu bisa memilih latar belakang yang sederhana dan minimalis agar sensor kamera lebih bisa fokus pada objek foto dan tidak malah beralih ke latar belakang.


4 Tips Receh yang Bisa Bikin Travelingmu Nyaman dan Lebih Menarik

3. Fokuskan kamera pada objek yang kamu inginkan. Jika Kamu menggunakan smartphone, kamu tap saja pada objeknya sebelum kamu jepret.

4. Jaga komposisi fotomu dengan menerapkan rule of thirds. Kamu bisa gunakan garis grid pada kamera atau HP dengan objek utama berada di perpotongan titik.

5. Sebaiknya kamu tidak mengambil foto saat sedang ramai orang. Sebagai gantinya, kamu bisa datang lebih awal atau kamu juga bisa mengambil sudut dimana keramaian orang tidak masuk kedalam frame-mu.

6. Waktu terbaik untuk mengambil foto adalah saat matahari terbit dan tenggelam atau istilahnya golden hour. Jika kamu memang harus mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, kamu bisa mengaktifkan lampu flash.

7. Selain menggunakan lampu flash, kamu juga bisa mengatur tingkat exposure untuk mendapatkan gambar terbaik. Tingkat eksposure juga mempengaruhi suasana dalam fotomu.

8. Gunakan bipod atau tripod agar mengurangi kemungkinan blur yang disebabkan oleh gerakan tangan.

9. Seperti penjelasan poin keenam diatas, saat kamu mengambil foto suasana sunrise atau sunset, pastikan gambar yang kamu ambil memiliki kontras yang tinggi agar suasananya lebih hidup. Kontras tinggi ini bisa dihasilkan dengan mode HDR.

10. Setelah berhasil memfoto atau mengambil gambar, jangan langsung kamu upload ke media sosial seperti Instagram. Sebaiknya kamu edit dulu dengan menggunakan aplikasi edit foto seperti photoshop, Adobe Lightroom, dan lain-lain. Kamu bisa membuat hasil fotomu jadi lebih dramatis lagi.

Catat! 5 Aplikasi yang Wajib Kamu Tanam di Smartphone Bagi Pecinta Traveling

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia