logo


Inilah Hewan-hewan yang Paling Setia dengan Pasangannya Sampai Mati

Simak ulasan selengkapnya

6 November 2019 12:36 WIB

http://kemanaajaboleeh.com/wp-content/uploads/2016/11/penguin2.jpg
http://kemanaajaboleeh.com/wp-content/uploads/2016/11/penguin2.jpg
dibaca 3678 x

Dunia hewan biasanya identik dengan berganti-ganti pasangan. Namun, ada beberapa hewan yang menganut monogami yaitu merupakan perkawinan yang hanya dilakukan hanya pada satu pasangan saja.

Hewan-hewan yang menganut perkawinan monogami akan menunjukan tingkat kesetiaan yang tinggi terhadap pasangannya. Ketika salah satu pasangan hewan mati, maka hewan tersebut memutuskan untuk tidak kawin lagi seumur hidupnya. Bahkan wujud kesetiannya dapat mengalahkan kesetiaan manusia. Tidak heran, jika ada hewan-hewan tertentu yang dijadikan sebagai simbol cinta dan romantisme, karena kesetiaan mereka yang tinggi terhadap pasangannya.

Inilah beberapa hewan monogami yang paling setia dengan pasangannya sampai mati.


10 Pedang Hebat Ini Belum Dikonfirmasi Masuk Kelas Meito Apa

1. Kuda laut

Kuda laut jantan akan memilih sendiri kuda laut betinanya untuk dijadikan pasangan sepanjang hidupnya. Para peneliti hewan laut menyatakan bahwa kuda laut merupakan hewan monogami yang hanya akan berhubungan seksual dengan satu pasangannya saja dan akan berhubungan hampir sepanjang tahun. Pasangan kuda laut ini memutuskan untuk hidup bersama hingga keduanya mati.

2. Merpati

Merpati sering dijadikan sebagai lambang kesetiaan. Hal ini cukup beralasan, karena merpati memang dikenal sebagai hewan yang seberapa jauhnya dia terbang, akan kembali ke tempat pasangan tetapnya.

Kesetiaan merpati juga ditunjukkan ketika pasangannya sakit, maka merpati tersebut tidak akan meninggalkan pasangannya apa pun yang terjadi. Bahkan, ketika pasangan merpati mati, maka merpati yang ditinggalkan akan ikut mati dalam beberapa hari. Hal ini disebabkan merpati mengalami stress akibat ditinggalkan pasangannya.

3. Angsa

Angsa adalah binatang yang hidup berpasangan. Pada musim dingin, mereka mencari pasangan yang potensial. Lalu, angsa akan berenang mendekat satu sama lain dan melakukan gerakan leher khasnya. Pada saat angsa betina bertelur, pasangan angsa akan secara bergantian mengeraminya.

4. Buaya

Buaya merupakan salah satu hewan yang memiliki tingkat kesetiaan cukup tinggi dengan pasangannya. Studi selama 10 tahun yang dilakukan di Rockefeller Wildlife Refuge di Louisian, membuktikan bahwa 70% buaya betina selalu memilih pasangan yang sama setiap kali musim kawin tiba.

Buaya sering dijadikan sebagai simbol kesetiaan dan kelanggengan dari sebuah hubungan. Apabila si betina terlebih dahulu mati, maka buaya jantan tidak akan kawin lagi atau mencari pasangan lain.

5. Serigala

Meskipun dikenal sebagai hewan pemburu yang buas, ternyata serigala sangat setia dan sayang dengan pasangannya. Serigala adalah hewan monogami yang hanya mengawini satu lawan jenisnya sepanjang hidup. Kesetiaan serigala ditandai dengan kuatnya hubungan persaudaraan antar sesamanya.

Bukan hal aneh lagi kalau kita melihat serigala yang terluka, kawanannya akan berburu, mencari makanan dan menjaga hingga sembuh. Seluruh anggota kawanan berperan dalam merawat bayi serigala.

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

3 Efek Negatif Jika Terlalu Sering Pijat

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma
 
×
×