logo


Atap SDN Gentong Ambruk, Golkar Sebut Stakeholder Pendidikan Harus Aktif Perbaiki Sekolah Tak Layak

Sekolah dasar merupakan tanggung jawab pemerintah kota

6 November 2019 09:46 WIB

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian Jitunews/Riana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, turut berduka atas tewasnya seorang siswa dan pengajar dalam tragedi ambruknya sebuah sekolah dasar di Pasuruan, Jawa Timur.

Menurutnya hal itu sangat memprihatinkan, mengingat anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan fasilitas pendidikan sangat besar.

“Harus kita selidiki, dimana akar miss-nya? Apakah pihak sekolah yang tidak melaporkan kondisi bangunan sekolah yang sudah tidak layak, ataukah dari dinas pendidikan kota yang belum menindaklanjuti laporan,” ujar Hetifah di Jakarta, Rabu (6/11).


Politeknik Negeri Media Kreatif Wisuda 698 Mahasiswa, Siap Ciptakan SDM Unggul Di Bidang Industri Kreatif

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, sekolah dasar merupakan tanggung jawab pemerintah kota. Namun, banyak program bantuan dari pemerintah pusat seperti dalam bentuk dana alokasi khusus.

“Semua stakeholder pendidikan harus proaktif dalam mengajukan dan melaksanakan perbaikan sekolah-sekolah yang kurang layak. Baik dari pihak pemerintah kota, pihak sekolah, maupun orangtua murid," pungkasnya.

Insiden ambruknya atap Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Selasa pagi (5/11/2019), mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka.

Data sementara, insiden itu mengakibatkan tiga korban tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Informasi diperoleh, para korban yang tewas dan luka-luka, termasuk siswa-siswi dan guru.

Para korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Sudarsono Pasuruan. Jumlah korban banyak karena ada empat kelas yang ambruk dalam kejadian Selasa pagi tadi. Adapun kelas yang atapnya ambruk, yakni kelas 2 A dan B, serta kelas 5 A dan B.

Airlangga Hartanto Calonkan Diri Jadi Ketum Golkar Lagi, Politikus Senior: Saya Tak Yakin Dia Mampu...

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata