logo


4 Hal yang Wajib Dipahami Sebelum Memodifikasi Kendaraan Bermotor

simak penjelasannya

5 November 2019 19:17 WIB

youtube.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kendaraan bermotor saat ini bukan hanya sekadar alat transportasi. Lebih dari itu, dengan memodifikasi motor dan mobil, seseorang dapat mengekspresikan karakternya. Tapi sebelum mengubah tampilan mobil atau motor kesayanganmu, sebaiknya beberapa hal berikut ini perlu kamu pertimbangkan.

1. Butuh Modal Uang

Hobi modifikasi cukup menguras uang dan tabungan. Harga sparepart aftermarket yang tersedia di pasaran mungkin lebih mahal daripada onderdil bawaan pabrik. Apalagi jika kamu mengubah tampilan warna kendaraanmu dengan sentuhan seni seperti airbrush dan lain-lain. Biaya pengecatannya juga relatif mahal. Untuk itu, pastikan konsep modifikasimu sesuai dengan uang yang kamu miliki. Jangan sampai hobimu ini membuatmu terlilit utang dan tagihan kartu kredit yang membengkak.


Membaca Kepribadian dari Jenis Mobil

2. Garansi Pabrik Hilang

Kendaraan yang baru biasanya disertai dengan garansi dalam jangka waktu tertentu. Tapi garansi itu hangus jika kendaraan bermotor tersebut mengalami modifikasi atau perubahan yang disengaja.

3. Risiko Kecelakaan

Sudah seharusnya pengguna kendaraan bermotor untuk menjaga keamanan khususnya di jalan raya. Sebelum motor dan mobil tersebut dipasarkan secara global, pihak produsen sudah mengukur tingkat keamanan dan kenyamanannya. Jadi, sebelum kamu memodifikasi kendaraan, ada baiknya kamu perhatikan apakan hal tersebut berpengaruh secara signifikan terkait keamanan dan kenyamananmu selama berkendara.

4. Peraturan Hukum

Faktor ini jelas harus kamu perhatikan. Memodifikasi kendaraan bermotor berpotensi tersandung masalah hukum, apalagi jika kamu merubah spesifikasi kendaraanmu tidak sesuai dengan apa yang tertera pada STNK-nya. Tidak heran banyak sekali motor dan mobil modifikasi yang terjaring razia Polantas.

Usung Konsep MPV Crossover, Mitshubishi Segera Rilis Xpander Versi SUV, Seperti Apa Tampilannya?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia