logo


Hadiri Orasi Pengukuhan Profesor Riset, Menteri PUPR: Modal IQ saja Tidak Cukup

simak penjelasannya

5 November 2019 15:52 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menghadiri orasi pengukuhan profesor riset di lingkungan Kementrian PUPR, Selasa (5/11).

Orasi ilmiah pada orasi pengukuhan profesor riset dilaksanakan oleh Dr. Ir. Dede Manarolhuda Sulaiman, M.Sc.

Orasi ilmiah Dr. Ir. Dede Manarolhuda Sulaiman, M.Sc berjudul ‘Pemecah Gelombang Ambang Rendah Untuk Pengendalian Erosi Pantai’.


Butuh Wakil Menteri, Ini Alasan Basuki Hadimuljono

Menteri Basuki Hadimuljono meyakini hasil riset Dede Manarolhuda Sulaiman akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di lingkungan Kementrian PUPR.

“Pasti akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Artinya kepada profesor, peneliti jangan hanya berbangga telah menemukan atau menginisiasi ide inovasi kalau belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Basuki.

Basuki menyebut tujuan penelitian bukan hanya untuk mencapai profoser sebagai derajat tinggi di bidang keilmuan tapi harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“IQ saja tidak cukup, tapi banyak Q yang lain yang ada manfaatnya untuk masyarakat. Keberadaan kita harus bermanfaat untuk masyarakat, harus bisa dimanfaatkan di organisasinya tanpa itu saya kira nilainya belum sempurna,” kata Basuki.

“Harus diutamakan bahwa karya kita, keilmuan kita mempunyai kontribusi kepda organisasinya. Di dalam keilmuan harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Diajak Makan Siang Jokowi, Basuki: Ditemani Queen dan Metallica

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia