logo


Sofyan Basir Dinyatakan Tak Bersalah, Arteria Dahlan: KPK Harus Cermat Sebelum Membuat Surat Dakwaan

berikut penjelasannya

4 November 2019 19:24 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan menghormati keputusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang menyatakan Mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir tak bersalah dalam kasus dugaan pembantuan transaksi suap terkait proyek pembangunan PLTU Riau.

“Saya minta semua pihak menghormati, mengapresiasi putusan pengadilan tipikor.  Apapun hasilnya harus kita hormati dan junjung tinggi,” ujar Arteria di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/11).

Pengacara sekaligus Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa hal ini harus menjadi pembelajaran bagi penyidik KPK maupun Jaksa Penuntut Umum agar lebih cermat lagi membuat surat dakwaan dan dalam melakukan penegakan hukum.


KPK ke Kabinet Indonesia Maju: Wajib untuk Melaporkan Kekayaan

Arteria Dahlan juga meminta kepada KPK untuk bisa melakukan upaya pemulihan hukum dan merehabilirasi hak-hak martabat kehirmatan atas diri Sofyan Basir.

“Tidak perlu berpolemik lagi kita tak perlu menunggu-nunggu lagi. Mudah-mudahan kita bisa belajar banyak hikmah yang bisa diambil dari putusan ini,” kata Arteria.

“Kalau mau kita cermati lagi fakta persidangan yang sudah terang benderang terbukti dengan sempurna dakwaan terhadap Sofyan Basir khususnya dalam turut serta melakukan tugas perbantuan itu kan tidak terbukti sehingga putusannya memang harus bebas,” pungkasnya.

Puji e-Budgeting DKI Jakarta, Pimpinan KPK: Terbaik di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia