logo


Selesaikan Masalah Papua Segera, DPD RI Bentuk Panitia Khusus

simak penjelasannya

4 November 2019 17:03 WIB

akibanation.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - DPD RI telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) Papua untuk menyelesaikan permasalahan di Papua yang masih menjadi polemik tak kunjung selesai.

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan Pansus Papua dengan 15 orang Anggota yang baru disahkan dalam Sidang Paripurna Luar Biasa DPD RI akan bekerja untuk menemukan rekomendasi penyelesaian masalah-masalah di Papua secara komprehensif.

“Kita berharap agar bukan sekedar melihat persoalan Papua dari masalah keamanan dan hukum saja, tetapi jauh lebih penting menyelesaikan akar masalah. Seperti kesejahteraan, ekonomi, masalah peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan seterusnya. Kita berharap inilah yang harus diselesaikan sebagai akar masalah di Papua,” ujar Nono di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11).


Jokowi Singgung Wacana Terkait Pemekaran Provinsi Papua

Menurut Nono, Pansus DPD RI dalam bekerja, akan melibatkan berbagai stakeholder dalam menyelesaikan akar masalah di Papua.

Senator dari Provinsi Maluku ini menjelaskan Pansus Papua akan melibatkan Pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI, Anggota DPD RI, dengan mengundang pakar-pakar, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta tokoh agama yang ada di Papua untuk mendiskusikan soal permasalahan di Papua dan solusi-solusi di dalamnya.

“Kita juga akan mengundang pemerintah dan pemerintah daerah. Kita juga berharap perguruan tinggi di Papua juga dilibatkan maupun perguruan tinggi nasional. Karena ini semua aspek yang harus kita lihat, aspek politik, aspek ekonomi, aspek sosial-budaya, hukum, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Soal Wacana Pemekaran Papua, Ini Kata Mahfud MD

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia