logo


India Setujui Ekspor Kelapa Sawit, Namun dengan Persyaratan Ini

Simak berita selengkapnya

4 November 2019 15:31 WIB

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.
Ilustrasi perkebunan kelapa sawit. cibimbo.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - India menyetujui terkait persyaratan mengenai ekspor kelapa sawit yang diajukan pemerintah Indonesia. Nantinya akan sama dengan persyaratan ekspor Negara Malaysia. Namun India berharap Indonesia bisa memasok beras dan gula dari negaranya.

"Memang saat sekarang tarif kelapa sawit, baik itu untuk CPO maupun RBD sudah sama. Semula ada perbedaan 5 persen, namun sesuai dengan permintaan Bapak Presiden, Perdana Menteri Narendra Modi menerima itu sehingga tarif CPO itu sama, Refined Bio Blended itu sama, RBD itu sama," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto seperti dilansir dari setkab, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Airlanggo Hartanto mengungkapkan bahwa Pemerintah India berharap Indonesia bisa membeli beras dan gula dalam bentuk raw sugar. Nantinya akan diambil secara bertahap oleh Pemerintah Indonesia.


Bawa Kabar Gembira, TEI ke-34 Sukses Raup USD 9,30 Miliar

"Nanti bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan ke depan dan memang per hari ini trade kita dengan India positif. Kita positif USD 8 miliar, tertinggi di 2017 sebesar USD 10 miliar dan komoditas utamanya adalah batubara dan kelapa sawit," jelasnya.

Menko Perekonomian menambahkan India itu penting sebagai RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership). Harapannya bisa saling menguntungkan.

Sumbang USD 19 Miliar Nilai Ekspor, Industri Tekstil dan Alas Kaki Jadi Prioritas Pengembangan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati