logo


Ternyata Ini lho Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung dalam Udang, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Tubuh

berikut penjelasannya

4 November 2019 14:55 WIB

https://habismanis.com/hmc_content/uploads/2019/06/udang-vaname.jpg
https://habismanis.com/hmc_content/uploads/2019/06/udang-vaname.jpg
dibaca 738 x

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang digemari banyak orang. Selain memiliki cita rasa yang lezat, udang juga bisa diolah dengan banyak cara, seperti digoreng, dikukus dan dibakar. Bahkan udang juga sering dijadikan bahan tambahan dalam makanan lain, seperti kerupuk, bakwan dan terasi.

Udang juga banyak menawarkan banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam batas wajar tentunya. Tetapi ada sebagian orang mengkonsumsi udang justru berisiko menimbulkan gangguan kesehatan karena mungkin memiliki alergi terhadap makanan laut atau seafood.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Makan Udang


Film Ant Man 3 Siap Diproduksi Awal Tahun 2021, Ternyata Ada Lho Jenis Semut Berbahaya Lainnya

Udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan dan yodium yang baik bagi tubuh. Kandungan lemak dalam udang juga tergolong rendah. Selain itu Udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya nutrisi. Dalam 85 gram udang matang, terkandung 84 kalori dan 20 gram protein. Udang juga mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Kandungan nutrisi yang berlimpah tersebut membuat udang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Membantu Pembentukan Sel dan Jaringan Tubuh

Udang mengandung banyak protein yang diperlukan untuk pembentukan sel dan jaringan baru di dalam tubuh. Kandungan protein yang ada di dalam udang termasuk rendah lemak. Dalam 3 ons udang atau kira-kira 15-16 ekor udang besar, mengandung 101 kalori, 19 gram protein, namun hanya terdapat 1,4 gram lemak total. Tidak hanya itu, protein di dalam udang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi berbagai enzim dan hormon.

2. Membentuk Produksi Hormon Tiroid

Selain protein, udang juga mengandung kadar yodium yang cukup tinggi. Yodium berperan penting untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon. Namun yodium hanya bisa didapatkan dari asupan makanan saja. Tanpa asupan yodium yang cukup, kamu berisiko mengalami penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan terkena beberapa jenis kanker tertentu. Selain garam, udang juga merupakan pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan asupan yodium.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Di dalam udang juga terdapat kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan sindrom pramenstruasi dan baik untuk menurunkan berat badan. Kalsium juga punya banyak manfaat lainnya, seperti memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf dan kemampuan pembekuan darah.

4. Menyehatkan Jantung

Sama seperti ikan, udang juga merupakan makanan laut yang kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Selain itu, asam lemak juga bermanfaat untuk mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma serta baik untuk ibu hamil.

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

UFC 244 Keputusan Kontroversial Dokter yang Membuat Nate Diaz dan Masvidal Murka, Jorge "Gamebred" Masvidal Juara Baru BMF

Halaman: 
Admin : Tino Aditia