logo


Polemik Larangan Bercadar dari Menag, UAS: Pakai Cadar Bagus, Supaya Dosen Tak Jelalatan

Simak berita selengkapnya

4 November 2019 12:13 WIB

Ustad Abdul Somad
Ustad Abdul Somad Media Indonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM –Berbagai kritik dilayangkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi usai memberikan pernyataan larangan bercadar bagi wanita di lingkungan instansi pemerintah.

Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad belum lama ini telah menanggapi pertanyaan terkait penggunaan cadar bagi wanita untuk menutup aurat. Hal itu diketahui dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @WWDC19_ pada Sabtu (02/10) lalu.

Dalam video itu, UAS mengatakan ada yang membolehkan dan ada juga yang melarang memakai cadar. Menurutnya, ada dua ulama besar yang memiliki pendapat berbeda, yakni Syeikh Ibnu Utsaimin yang mengatakan perempuan wajib mengenakan cadar. Sedangkan Syeikh Al-Bani mengatakan perempuan tak wajib pakai cadar karena wajah bukan termasuk aurat.


Kritik Menag, Indo Barometer: Pernyataan yang Bersifat Membelah

“Saya jalan pertengahan. Yang pakai cadar, bagus. Mahasiswi kalau pakai cadar, bagus. Mahasiswi memakai cadar supaya dosen tak jelalatan matanya, anak-anak gadis bagus pakai cadar,” kata UAS, dikutip dari Viva pada Senin (04/11).

Selain itu, dia juga mengaku kasihan melihat wanita bercadar ketika makan. Mereka yang memakai cadar terlihat kesulitan untuk menikmati hidangan. Sebab, wanita itu harus mengangkat cadar baru memasukkan makanannya.

“Cuma yang kasihan perempuan pakai cadar pas waktu makan. Cemana caranya ustaz? Diblender nasi itu supaya diminum,” ujar UAS.

Hingga artikel ini dibuat, video ceramah UAS mengenai cadar yang diunggah akun @WWDC19_ telah dihapus.

Sering Dihujat Netizen, Salmafina Sunan Putuskan Pamit dari Instagram

Halaman: