logo


Majukan Sentra Batik Tasikmalaya, Pertamina dan Pemkot Resmikan Kampung Batik Bright Gas

Kampung Batik Bright Gas merupakan pengembangan dari Sentra Batik Tasikmalaya

1 November 2019 18:50 WIB

PT Pertamina (persero) Marketing Operation Region III bersinergi dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya.dan meresmikan Kampung Batik Bright Gas di Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jumat (1/11/2019)
PT Pertamina (persero) Marketing Operation Region III bersinergi dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya.dan meresmikan Kampung Batik Bright Gas di Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jumat (1/11/2019) Dok. Pertamina

Penamaan Kampung Batik Bright Gas merupakan wujud nyata kesadaran "penguasa" batik yang telah beralih menggunakan LPG Non Subsidi Bright Gas, sehingga LPG subsidi 3 kilogram bisa digunakan tepat sasaran untuk masyarakat pra sejahtera dan usaha mikro. Sebelumnya sekitar 25 perajin di sentra batik Tasikmalaya telah melakukan trade in atau tukar gratis Bright Gas, dengan 2 tabung LPG Subsidi 3 Kg.

Pada Januari - September 2019, konsumsi LPG Non Subsidi (Bright Gas 5,5KG dan 12 KG) di wilayah Priangan Timur (Kota dan Kab Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Banjar, dan Garut) mencapai 10.016 metrik ton (MT), sehingga LPG 3 kg diharapkan bisa digunakan tepat sasaran.

“Kami berharap langkah ini bisa menular ke industri dan UKM lainnya, dan kami terus mempermudah akses perajin mendapatkan LPG Non Subsidi dimana telah kami siapkan juga pangkalan-pangkalan LPG yang menyediakan Bright Gas di sekitar kampung batik yang bisa dipesan antar,” jelas Fernanda.


Pertamina Pastikan Stok BBM untuk Bandung, Tasik dan Sukabumi Aman

Fernanda menambahkan Pertamina juga mendukung kemajuan UKM dan industri kreatif di Tasikmalaya, melalui program kemitraan. Yakni pemberian pinjaman modal bergulir dari BUMN bagi usaha kecil, sebagai bagian dari tugas BUMN untuk membatu pengembangan usaha kecil.

Saat ini di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya sudah ada sekitar 156 UKM yang menjadi mitra binaan Pertamina dari berbagai sektor, baik itu perdagangan, peternakan, industri kreatif, perikanan, dan lainnya.

Pertamina Beri Bantuan Alat Sekolah ke 1.032 Siswa

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata