logo


Bertemu Walubi, Menag: Kalau Bertemu Suhu - Suhu Suasananya Lebih Tenang dan Damai

Menag imbau umat Buddha menjaga kedamaian dan kerukunan Bangsa

1 November 2019 13:59 WIB

Menag saat menerima Dewan Pimpinan Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP WALUBI)
Menag saat menerima Dewan Pimpinan Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP WALUBI) Dok. Kemenag

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menerima Dewan Pimpinan Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP WALUBI) di Kantor Kementerian Agama Jakarta. Dalam pertemuan ini Menag mengajak umat Bhudda untuk menjaga kedamaian sesama umat beragama. Buddha merupakan entitas umat beragama yang punya peran dan tanggung jawab menjaga keutuhan NKRI.

“Sebagai umat beragama kita masing-masing memiliki tanggung jawab untuk bangsa kita. Pak Jokowi banyak melakukan upaya-upaya terobosan, dalam rangka mempercepat pembangunan kali ini. Dan kita upayakan untuk terus membangun bersama, dengan menjaga kedamaian bangsa ini,” ujar Fachrul (01/11).

Fachrul mengapresisasi peran pemuka agama Buddha yang telah berperan menjadi figur yang mebawa kedamaian. Susana pertemuan berlangsung akrab tak jarang Menag menyampaikan gurauan agar suasana lebih akrab dan kekeluargaan.


Al-Qur’an Award, Kemenag: Wujud Apresiasi Untuk Mereka yang Berjasa

“Kalau melihat Suhu-Suhu itu suasananya lebih tenang. Lebih damai. Kalau ada keributan-keributan misalnya, kemudian hadir seorang Suhu. Ga usah ngomong, tapi sudah ada Suhu di situ aja, orang pasti berpikir ada yang salah nih. Kemudian damai kembali,” kata Menag.

Ketua Umum WALUBI Siti Hartati Murdaya menjelaskan bahwa WALUBI terdiri dari berbagai Majelis-Majelis Agama Buddha, Lembaga Keagaman Buddha, Dewan Sangha, Badan Kehormatan dan Wadah Kemasyarakatan yang bernapaskan Agama Buddha.

“Saya berharap suatu saat Pa Menteri bisa menengok langsung kepada masing-masing organisasi yang ada. Ini untuk memberikan semangat kepada umat, agar mereka juga memiliki rasa kebangsaan yang baik disamping nilai-nilai ibadah spiritual,” ujar Hartati Murdaya.

Untuk Kedamaian Bangsa, Kemenag Helat Doa Bersama di Monas

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman