logo


Hadapi Musim Hujan, Inilah Tips Menjaga Badan Agar Tetap Fit

Simak berita selengkapnya

1 November 2019 11:21 WIB

Ilustrasi hujan  (Dok JawaPos.com)
Ilustrasi hujan (Dok JawaPos.com)
dibaca 161 x

Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Berada di cuaca yang tadinya panas, beralih ke cuaca yang dingin (pancaroba) mengakibatkan tidak sedikit orang yang mulai terserang berbagai penyakit. Hujan datang tanpa mengenal waktu. Pagi, siang, sore dan malam. Bahkan di jam-jam rawan seperti ketika akan berangkat kerja atau melakukan aktivitas rutin.

Untuk mejaga kesehatan agar tetap bugar, berikut adalah tipsnya.

1. Jangan Lupa Sedia Payung atau Jas Hujan


Tips Wisata Kuliner yang Harus Kalian Ketahui, Makan Lancar Perut Aman Bro! No 3 Penting Tuh


Tips musim hujan yang pertama adalah membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

2. Konsumsi Vitamin


Pasokan vitamin C yang cukup bagi tubuh dapat memperkuat tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Beberapa dokter menjelaskan bahwa vitamin C diandalkan sebagai ketahanan tubuh di saat cuaca dingin. Proses pergantian musim dapat mempengaruhi sistem imun (kekebalan tubuh). Konsumsi vitamin menjadi sangat penting guna menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat mengatasi flu.

3. Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat


Saat dingin karena hujan, kenakanlah pakaian hangat atau pakaian tebal untuk menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah tubuh kedinginan. Menerapkan tips musim hujan ini juga penting jika Anda ke luar rumah.

4. Perhatikan Asupan Makanan


Penting sekali menjaga asupan makanan terutama mengkonsumsi makanan hangat dan berkuah. Makanan bergizi akan menangkal bakteri penyebab penyakit. Kita juga perlu memerhatikan minuman yang kita minum. Udara yang dingin menjadikan alasan haus itu jarang terjadi. Dengan alasan tersebut, banyak orang malas untuk mengkonsumsi air putih. Padahal faktanya, baik musim kemarau maupun musim penghujan, kebutuhan cairan tubuh akan tetap sama. Air juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain air putih yang utama, kita bisa sesekali mengkonsumsi kopi atau teh.

5. Tetap Berolahraga


Musim hujan biasanya membawa beberapa penyakit seperti flu dan lainnya. Oleh karena itu kamu harus tetap berolahraga sehingga daya tahan tubuhmu bagus dan tidak mudah terserang penyakit.

Kamu bisa berolahraga di dalam rumah dengan lari di tempat, push up, pull up dan melakukan pekerjaan rumah yang membutuhkan banyak tenaga misalnya mengepel lantai.

6. Istirahat yang Cukup


Udara dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang melulu. Namun jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam.

Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastikan jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

7. Mandi Setelah Kehujanan


Sebuah studi menemukan hasil bahwa risiko sakit kepala bisa menjadi tinggi ketika terjadi perubahan tekanan udara, peningkatan suhu dan juga kelembaban yang tinggi. Hal inilah yang terjadi pada orang-orang yang mengeluh sakit kepala ketika terkena hujan.

Selain menstabilkan suhu dingin, mandi sehabis kehujanan juga dapat membersihkan tubuh dari kuman dan kotoran yang dibawa dari luar. Disarankan pula membilas rambut agar senyawa-senyawa dan gas yang bersifat asam yang terbawa dalam air hujan bisa luruh oleh bilasan air saat mandi.

 

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Istilah Kata "Headbang" Ternyata dari Tahun 60an Lho Guys!

Halaman: 
Admin : Trisna Susilowati