logo


Kementan Mou 6 Kementerian dan Lembaga Negara Demi Wujudkan Daerah Bebas Rawan Pangan

Kerja sama ini diharapkan memberikan kapasitasnya agar program ini direncanakan selesai dalam 1 tahun

31 Oktober 2019 13:32 WIB

Gedung Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Gedung Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sesuai Program pemerintah Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menargetkan tak ada ada lagi daerah di Indonesia yang rentan rawan pangan. Dikarenakan sesuai peta ketahanan dan kerentanan pangan, daerah yang termasuk rentan rawan pangan itu kebanyakan berada di wilayah Indonesia timur, khususnya di Papua.

Maka dari itu, Kementan berinisiatif menjalin Perjanjian Kerjasama bersama 6 Instansi Pemerintah yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Diantaranya dari Kementerian Sosial, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Lembaga Ketahanan Nasional.

“Isu ketahanan pangan bersifat kompleks dan multidimensi. Ini juga menjadi isu strategis nasional, karena ketahanan pangan adalah hak setiap masyarakat,” ujar Ketua BKP Kementan, Agung Hendriardi.


Ingat Sekarang Hari Pangan Sedunia, Yuk Liat Daftar Makanan Pokok di Dunia

“Kementerian Pertanian tidak bisa jalan sendiri, harus ditopang dengan lainnya demi mengentaskan kerawanan pangan," sebut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang menyaksikan penandatangan Kerjasama tersebut.

Kerja sama 6 instansi pemerintah ini, diharapkan memberikan kapasitasnya agar program ini direncanakan selesai dalam 1 tahun. Menteri Syahrul juga mengapresiasikan para kepala daerah dapat bekerja sama demi terwujudnya kecukupan pangan di Indonesia.

“Untuk mengentaskan daerah rentan rawan pangan, saya mengajak pimpinan daerah mulai dari kepala desa, lurah, camat, bupati atau walikota dan gubernur untuk bersama-sama menangani sesuai tanggung jawabnya masing-masing," kata Menteri Syahrul.

Kominfo Fokus Ciptakan 1000 Startup Digital, Hingga Fokus Bangun Infrastruktur Digital di Daerah 3T

Halaman: 
Penulis : Denys, Aurora Denata