logo


Menko PMK Lakukan Konsolidasi Guna Percepat Pelaksaan Program Kerja

Konsolidasi bertujuan untuk percepatan pencapaian visi dan misi presiden

31 Oktober 2019 13:19 WIB

Menko PMK, Muhadjir Effendy, saat melakukan konsolidasi terhadap kementerian dan lembaga negara, Kamis (31/10/2019)
Menko PMK, Muhadjir Effendy, saat melakukan konsolidasi terhadap kementerian dan lembaga negara, Kamis (31/10/2019) Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan: “Terlalu besar bangsa ini kalau masalah hanya diselesaikan oleh satu kementerian atau lembaga negara yang ada. Maka dari itu, Kita harus bersatu dan dapat bekerjasama saling bersinergi,” Menko PMK, Muhadjir Effendy pada Kamis (31/10) pagi ini saat melakukan konsolidasi terhadap kementerian dan lembaga negara yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK.

Konsolidasi yang bertujuan untuk percepatan pencapaian visi dan misi presiden serta target dan sasaran indikator pembangunan manusia dan kebudayaan dalam RPJMN 2020–2024 ini berlangsung di Aula Heritage Kemenko PMK, Jakarta dan dihadiri oleh para menteri dan pimpinan dari K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK, jajaran sesmen dan sestama, jajaran eselon I, dan para awak media.

“Saya mohon semua pimpinan K/L segera memilih dan program-program strategis untuk kemudian disinergikan dengan K/L yang lainnya baik yang sifatnya bilateral, trilateral, maupun multilateral,” imbau Muhadjir dalam sambutannya.


Muhadjir: Pemuda Indonesia Harus Maju dan Berani Menaklukan Dunia

Selain itu, Menko PMK kembali mengingatkan tentang visi dan misi presiden serta wapres yang menurutnya dapat menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan nasional yaitu “Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong" serta sembilan misi pembangunan yaitu: peningkatan kualitas manusia Indonesia; struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing; pembangunan yang merata dan berkeadilan; mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan; kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa; penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya; perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga; pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya; dan sinergi Pemerintah Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan.

Selain itu, Menko PMK menanggapi paparan singkat para menteri yang disajikan sebelumnya. Setidaknya terdapat tiga fokus penting yang menjadi catatan Menko PMK yaitu tentang perlindungan perempuan dan anak, upaya penanggulangan kemiskinan, dan percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat.

“Jangan pernah kita abaikan masalah perempuan dan anak karena kalau diabaikan, masa depan bangsa akan terganggu. Kita semua perlu kawal kerja Kementerian PP dan PA,” tambah Menko PMK.

Khusus mengenai penanggulangan kemiskinan, Menko PMK sangat concern akan upaya pemberdayaan masyarakat yang harus lebih ditonjolkan dibandingkan dengan terus memberikan bantuan sosial tanpa ada upaya menaikkan derajat kehidupan masayarakat miskin.

Kominfo Fokus Ciptakan 1000 Startup Digital, Hingga Fokus Bangun Infrastruktur Digital di Daerah 3T

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata