logo


Wagub Lampung Ingin Tingkatkan Pariwisata Pedesaan

Simak ulasan selengkapnya

29 Oktober 2019 17:15 WIB

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim
Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim Doc Jitu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim meyakini pariwisata pedesaan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya apabila pedesaan hanya memprioritaskan dari sektor pertaniannya saja, maka akan sulit untuk mengungkit kesejahteraan masyarakat.

“Di desa kan paling banyak bidangnya di pertanian. Di pertaniankan masih sangat perlu dibenahi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, sedangkan daya ungkit di bidang pertanian sendiri kalau dibandingkan dengan daya ungkit di bidang yang lain  seperti industri pariwisata jauh sekali 4 kali lipat daya ungkitnya terhdap kesejahteraan di bidang pertanian,” ujar Chusnunia di Jakarta, Selasa (29/10).


Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM: Ada 5 Unsur untuk Tingkatkan Kualitas Koperasi di Lampung

Dalam hal ini, Chusnunia mengatakan ada dua kunci untuk menuntaskan persoalan kemiskinan di masyarakat pedesaan. Dimana kunci yang pertama adalah bagaimana bisa menaikan kemampuan menaikan pendapatan warga desa untuk memenuhi kebutuhannya.

“Dan yang kedua bagaimana kita bisa mengurangi konsumsi yang diluar dari produksi warga desa tersebut. Artinya kalau kita mau menaikan berarti harus ada hal baru yang harus dilakukan. Inilah pintu menaikan indek kebahagian dengan satu kata kunci wisata desa,” kata dia.

Dia mengatakan bahwa desa wisata haruslah tetap mempertahankan karakteristik desa seperti adanya, tinggal bagaimana mengunggulkan keunikan-keunikan yang dimiliki oleh desa tersebut.

“Desa tidak harus dirubah untuk menjadi tempat wisata seperti Dunia Fantasi (Dufan), Trans Studio dan lain-lain. Desa harus seperti apa adanya desa karena untuk merubah itu akan merubah karakteristik desa dan jauh sekali bisa jauh sekali dan  tidak masuk akal,” tuturnya.

“Kalau desanya memang memiliki basis pertanian. Mungkin isu yang kita usung misalnya argo wisata sebagai peluang kemandirian desa,” pungkasnya.

4 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma