logo


Bangun Jalur Sepeda, Dishub DKI Ajukan Anggaran Baru Sebesar Rp 73 M

simak penjelasannya

29 Oktober 2019 14:17 WIB

Gubernur DKI Jakarta ikut menguji coba jalur sepeda dari Velodrom Rawamangun sampai di Balaikota Jakarta
Gubernur DKI Jakarta ikut menguji coba jalur sepeda dari Velodrom Rawamangun sampai di Balaikota Jakarta

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dinas Perhubungan DKI Jakarta dikabarkan tengah mengusulkan anggaran baru untuk pembangunan jalur sepeda dalam Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS) 2020. Anggaran yang diusulkan tersebut sebesar Rp73 miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam rapat pembahasan KUAPPAS 2020 bersama Komisi B DPRD DKI seperti yang dilansir dari CNNIndonesia, .

"Mata anggaran selanjutnya pembangunan rekayasa lalu lintas busway Rp69 miliar. Ini adalah pembangunan jalur sepeda. Tahun ini (tahun depan) dibangun 63 kilometer dari 500 kilometer," kata Syafrin di DPRD DKI Jakarta, Senin (28/10).


Genap 2 Tahun Jadi Gubernur, PSI Sebut Capaian Anies Baswedan Setingkat Wali Kota

Usulan anggaran tersebut awalnya hanya sekitar Rp4 miliar, namun Dishub kembali mengajukan angka Rp69 miliar sehingga total usulan anggaran pembangunan adalah sebesar Rp73 miliar.

Syafrin meminta agar pembangunan jalur sepeda ini jalur sepeda ini dilihat sebagai bentuk penataan angkatan umum bukan sekedar konsep infrastruktur saja.

"Ini satu kesatuan penataan angkutan umum yang masif di Jakarta. Tidak hanya soal infrastruktur yang penumpangnya tidak ada," ujar dia.

Kepala Dishub DKI tersebut juga menyebut daya tampung penumpang Transjakarta sekitar 2 juta per hari namun penumpang yang ada tak sampai memenuhi kapasitas itu. Fenomena ini merupakan bukti bahwa penataan transportasi tak melulu soal infrastruktur.

"Tapi kita harus pikirkan dari awal stasiun ke busway harus di fasilitasi dengan ini diharapkan berubah paradigma dengan penyediaan parkir sepeda. Seluruh terminal bus parkir bisa ada sepeda," pungkasnya.

Anies Baswedan Dinilai Gagal Memimpin Ibu Kota

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia