logo


Peringati Hari Sumpah Pemuda, Anies Baswedan Bicara Ketimpangan dalam Negara

Simak berita selengkapnya

29 Oktober 2019 04:15 WIB

Anies Baswedan ungkapkan penyesalannya di pelantikan Wali Kota baru Jakarta Utara, selasa (3/9).
Anies Baswedan ungkapkan penyesalannya di pelantikan Wali Kota baru Jakarta Utara, selasa (3/9). Detik News

JAKARTA, JITUNEWS.COM – "Ketimpangan dalam negeri tiap negara dan dalam kota negara itu mengalami pelebaran," kata Anies di Kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Senin (28/10).

Memperingati hari Sumpah Pemuda, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berujar mengenai ketimpangan dalam sebuah negara yang kian melebar, tak terkecuali Indonesia.

Ketimpangan itu, menurut Anies, terjadi karena adanya ketidaksetaraan dalam pembangunan dan perekonomian. Padahal, lanjut dia, ketimpangan antar negara saat ini sudah semakin menipis. Akan tetapi, kondisi itu berkebalikan dengan yang terjadi di dalam negara.


PSI Minta Mendagri Beri “Kartu Kuning” Ke Gubernur Anies

"Coba perhatikan Indonesia masuk G-20 berarti masuk top 20, India juga top 20 begitu sampai dalam negerinya ada ketimpangan luar biasa," ujar mantan Mendikbud itu.

Anies mengatakan bahwa adanya ketimpangan itu lantaran pembangunan yang belum merata.

Dengan meniadakan ketimpangan tersebut, persatuan seperti yang terkandung dalam sumpah pemuda dapat tercapai. Caranya, menurut Anies, dengan membuat kebijakan yang mengutamakan keadilan.

"Kalau kebijakan tidak disusun berdasarkan keadilan nanti setelah berjalan beberapa tahun baru terjadi pelebaran ketimpangan," pungkas pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat itu.

Kominfo Fokus Ciptakan 1000 Startup Digital, Hingga Fokus Bangun Infrastruktur Digital di Daerah 3T

Halaman: 
Penulis : Iskandar