logo


Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Yuk Intip Bola yang Pernah Dipakai dari Dahulu Hingga Sekarang

Penasaran?

25 Oktober 2019 14:50 WIB

Foto : Dokumen PSSI
Foto : Dokumen PSSI
dibaca 803 x

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. FIFA mengumumkan ketetapan tersebut dalam council meeting di Shanghai pada Kamis 24 Oktober 2019.

Untuk diketahui, Brasil dan Peru menjadi pesaing Indonesia jelang pengumuman setelah lima negara lainnya mundur.

Namun untuk menyambut acara tersebut, yuk kita lihat bola yang pernah dipakai piala dunia dari masa ke masa, berikut diantaranya


Baru Rilis, Server Call of Duty: Modern Warfare 'DOWN'

1. T-Model & Tiento - 1930


T-Model & Tiento merupakan bola yang pertama kali dipakai dalam ajang Piala Dunia di Uruguay tahun 1930. Keduanya dipakai bergantian pada babak pertama dan kedua saat final yang mempertemukan antara Uruguay dan Argentina. Kedua negara tersebut berdebat mengenai siapa yang menyuplai bola. Akhirnya disepakatilah bola berasal dari kedua tim, T-Model (Uruguay) & Tiento (Argentina)

2. Allen Coupe Du Monde - 1938


Tidak ada perubahan yang berarti dalam bola yang digunakan pada Piala Dunia 1938 di Perancis. Desain bola Allen Coupe Du Monde hampir mirip dengan bola buatan Italia, Federale 102.

Yang membedakan kedua bola tersebut adalah Allen Coupe Du Monde menggunakan 13 panel, sedangkan Federale 102 hanya 12 panel. Namun, pada partai final tuan rumah Perancis gagal menaklukan juara bertahan sebelumnya, Italia dengan skor 2-4.

3. Swiss World Champion - 1954


Untuk Piala Dunia yang diadakan di Swiss pada tahun 1954, sebuah perusahaan bernama Kost Sport melakukan inovasi. Mereka menggunakan struktur 18 panel yang saling terkait dalam bentuk zig-zag pada tubuh bola.

Pola tersebut merupakan pola dasar yang nantinya akan digunakan oleh bola-bola resmi Piala Dunia untuk gelaran pada tahun-tahun selanjutnya. Sekilas, bola ini terlihat seperti bola olahraga voli. Bahkan, warnanya pun kuning, hampir serupa.

4. Crack Top Star - 1962


FIFA kembali menciptakan terobosan terbaru pada bola yang digunakan di Piala Dunia 1962 di Chile. Bola tersebut bernama Crack Top Star, yang merupakan revolusi dari bola sebelumnya, Top Star.

Bola buatan Senor Custodio Zamora H ini memiliki panel yang mulai dengan bola modern. Dengan panel baru tersebut, bola diklaim lebih mudah dikontrol dibanding dengan bola-bola sebelumnya.

5. Telstar Durlast - 1974


Untuk Piala Dunia 1974 di Jerman, Adidas mengembangkan Telstar Durlast, yang merupakan versi lebih baru dari Telstar dengan beberapa penambahan kecil pada bagian Durlast.

Bagian Durlast ini merujuk pada bagian pelapis bola yang dikembangkan untuk melindungi permukaan kulit dan memastikan ketahanannya dalam cuaca basah. Telstar Durlast sangat laris di pasaran dan cukup populer.

6. Tango Espana - 1982


Peningkatan kualitas terhadap bola terjadi pada Piala Dunia 1982 di Spanyol. Adidas memperkenalkan Tango Espana sebagai bola yang anti-air serta tak lagi membutuhkan lapisan Durlast, sebab cara yang digunakan sekarang dilas dan dijahit secara bersama.

7. Questra - 1994


Bertemakan ruang angkasa, bola Questra mempunyai corak yang unik dibanding dengan bola yang telah dibuat Adidas sebelumnya. Bola ini di desain khusus untuk pagelaran Piala Dunia tahun 1994, yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Amerika Serikat.

8. Fevernova - 2002


Fevernova yang diciptakan untuk Piala Dunia tahun 2002 di Korea Selatan dan Jepang merupakan salah satu inovasi Adidas dalam produksi bola Piala Dunia. Selain desain yang lebih modern dari tampilan Tango pada tahun sebelumnya, Adidas juga melakukan perubahan pada beban bola dan menjadikannya jauh lebih berat.

9. Jabulani - 2010


Bisa dibilang, Piala Dunia 2010 merupakan salah satu Piala Dunia yang paling megah. Adidas menciptakan Jabulani dan melakukan perubahan pada struktur bola yang lebih bulat dan permukaan yang lebih halus dari sebelumnya.

Hal ini dilakukan dengan perubahan jumlah panel, dari sebelumnya 14 menjadi hanya 8 saja. Namun, pengurangan ini nyatanya malah membuat bola jadi lebih mudah untuk bergerak dan lebih sulit untuk diprediksi.

10. Telstar 18 - 2018


Adidas menjadi perusahaan yang memproduksi bola resmi untuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Bola ini merupakan ‘penghormatan’ untuk bola pertama dari Adidas yang digunakan untuk Piala Dunia pada tahun 1970, Telstar 1970.

Dihadirkan dengan desain yang hampir sama seperti Brazuca, Telstar 18 memiliki enam panel yang disusun sedemikian rupa, hingga memberikan efek bola dengan 32 panel.

 

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Miliki Jutaan Subscriber, Untuk Apa YouTuber ini Buat Channel Baru?

Halaman: 
Admin : Trisna Susilowati