logo


Mensos Juliari Tekan Angka Kemiskinan Hingga di Bawah 9%

Mensos tidak akan ada program baru dalam dua bulan ke depan

25 Oktober 2019 08:37 WIB

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara Jitunews/Denys

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara akan memfokuskan program kerjanya pada bagaimana memastikan pengelolaan anggaran berjalan optimal.

“Tahun 2019 kan tinggal dua bulan lagi ya. Untuk sementara kita akan melanjutkan program yang ada karena saya kira saya program Kemensos seperti PKH dan BPNT sudah berjalan baik. Jadi kita akan fokus pada bagaimana penyerapan anggaran sampai akhir tahun agar realisasinya bagus dan tepat sasaran,” ujar Juliari, usai melakukan serah terima jabatan dengan pendahulunya, Agus Gumiwang Kartasasmita, di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Juliari memastikan, tidak akan ada program baru dalam dua bulan ke depan.


Hadiri Sky Evenue 2019, Mensos Percaya Generasi Muda Mampu Bersaing

“Namun memang tetap harus ada kepastian, bahwa anggaran yang ada dibelanjakan dengan tepat sasaran. Jadi tidak sekedar habis begitu saja,” tandasnya.

Selain itu, ia juga memastikan akan tetap memberikan perhatian terhadap penanganan masyarakat yang terdampak oleh bencana, sejalan dengan pesan Presiden Jokowi terhadap dirinya.

“Saya kira soal penanganan bencana sudah pasti akan kami teruskan”, katanya.

Yang tidak kalah penting, Mensos juga memastikan akan mengawal pesan Presiden Joko Widodo untuk terus menekan angka kemiskinan, sampai di bawah 9 persen.

“Ya kita akan terus bekerja untuk menurunkan angka kemiskinan sampai di bawah 9 persen. Saya kira ini tidak mudah, namun akan tercatat dalam sejarah bila bisa diwujudkan,” katanya.

Sebagai informasi tahun 2020, Kemensos berada di posisi 5 besar kementerian dengan alokasi pagu indikatif terbesar di RAPBN 2019, yakni Rp62,8 triliun serta realisasi tertinggi, atau meningkat dibandingkan dengaan anggaran belanja tahun 2019 sebesar Rp57,2 triliun.

Distribusikan Bantuan Ke Nduga, Kemensos: Kami Harap Tidak Ada Penolakan Lagi

Halaman: 
Penulis : Denys, Aurora Denata