logo


Jangan Gunakan Bahan Kimia Untuk Mengusir Nyamuk, Berbahaya! Gunakan Tanaman Ini Dijamin Ampuh

Simak ulasan selengkapnya

24 Oktober 2019 18:06 WIB

https://www.harianproperty.com/uploads/1529399489.jpg
https://www.harianproperty.com/uploads/1529399489.jpg
dibaca 3076 x

Nyamuk adalah salah satu serangga yang menjadi musuh manusia. Tidak hanya gigitannya yang membuat kulit kita menjadi gatal, sakit dan bentol, nyamuk juga bisa menimbulkan beragam penyakit. Seperti DBD (demam berdarah dengue) dan malaria.

Seringkali kita menggunakan obat berbahan kimia untuk mengusir nyamuk baik yang berupa cairan maupun dibakar padahal hal itu sangat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Jangan khawatir sobat jitu masih ada kok alternatif lain untuk mengusir nyamuk secara ampuh di rumah kalian.

Caranya adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk. Apa saja ya? Berikut ini tanaman-tanaman yang ampuh mengusir nyamuk di rumah kalian.


Strategi UPSUS dengan Dirikan Posko Bersama

1. Serai Wangi


Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Efeknya dalam mengusir nyamuk patut diacungi jempol sehingga tidak heran, ekstrak tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan lotion antinyamuk.

Serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah. Karena serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, Anda bisa mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

2. Lemon Balm

Tanaman ini mampu menghasilkan aroma lemon yang sangat segar ketika dihirup. Segar bagi manusia tapi sangat dibenci oleh nyamuk. Untuk membuat pekarangan Anda bebas nyamuk sekaligus beraroma segar, lemon balm ini pas menjadi pilihan. Selain itu, daun tanaman ini juga cocok digunakan sebagai penyedap rasa.

Nektar bunganya adalah favorit kupu-kupu sehingga ketika bunganya yang berwarna putih tumbuh, kupu-kupu akan berdatangan. Kebun yang harum dan dikerumuni oleh kupu-kupu cantik, pemandangan yang indah, bukan?

3. Bunga Rosemary.

Tanaman ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap sinar matahari sehingga selain cocok ditanam di dalam pot sebagai hiasan interior rumah, ditanam di luar sebagai tanaman hias di taman pun juga tak masalah. Rosemary juga mampu menghasilkan aroma yang kuat dan menjauhkan nyamuk dari rumah kalian. Kalian juga bisa membakar rosemary untuk menciptakan pengusir nyamuk alami yang aromanya wangi.
Selain itu Rosemary juga menjadi tanaman yang biasa digunakan untuk membumbui masakan.

4. Lavender

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Lavender ini juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan lotion antinyamuk. Tanaman ini juga mudah ditanam karena cocok dengan iklim Indonesia.

Selain efeknyanya, bunga ini memiliki aroma harum dan warna yang menarik sehingga cocok dijadikan sebagai penghias perkarangan rumah Anda. Apabila Anda mencari tanaman pengusir nyamuk yang tidak diragukan lagi kemampuannya, lavender inilah pilihannya.

5. Pink Rose Geranium



Pink Rose Geranium adalah pilihan terbaik untuk menciptakan ruangan yang harum dan bebas nyamuk. Tanaman ini dapat menumbuhkan bunga berwarna merah muda yang indah. Ukuran tanaman yang terbilang mini dan bunganya yang menawan, tentu cocok untuk menghiasi ruangan-ruangan Anda.

Nyamuk dapat terusir karena aroma bunga yang menyebar melalui perantara udara. Selain itu, aroma bunga ini memiliki efek kesehatan yang mumpuni, seperti mengurangi stres. Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kos, bunga ini bisa menjadi pilihan tepat dalam mengusir nyamuk.

 

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ingat Sekarang Hari Pangan Sedunia, Yuk Liat Daftar Makanan Pokok di Dunia

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma