logo


Lampor, Setan Pembawa Maut yang Mitosnya Diangkat ke Layar Lebar

berikut penjelasannya

23 Oktober 2019 23:07 WIB

popbela.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masyarakat Jawa terutama generasi dahulu tentu tidak asing dengan makhluk gaib bernama Lampor. Makhluk ini merupakan salah satu jenis setan yang diyakini mampu membunuh.

Secara harfiah, nama makhluk ini konon memiliki arti 'gaduh' atau 'kegaduhan' dimana sangat sesuai dengan penggambaran kemunculan jenis setan yang satu ini. Konon kemunculannya diiringi suara-suara gaduh yang dipercaya sebagai suara iring-iringan kereta kuda atau barisan pasukan dari Nyi Roro Kidul, ratu penguasa laut selatan. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa, terutama Jawa Timur, kemunculan lampor dikaitkan dengan pageblug atau wabah penyakit.

Mengenai wujud penampakan lampor sendiri, masyarakat Jawa memiliki versi yang berbeda-beda. Beberapa kalangan menyebut lampor sebagai setan yang berwujud seperti bola arwah, ada juga yang menggambarkannya sebagai rombongan prajurit Jawa jaman kerajaan dahulu. Bahkan beberapa yang lainnya meyakini lampor berwujud setan layaknya pocong yang bisa membunuh manusia dalam tidur dengan cara mencekik kemudian membawa arwah orang tersebut menggunakan keranda.


Mitos Seputar Malam Satu Suro, Halloween Versi Jawa

Walaupun terkesan mengerikan, ternyata lampor diyakini memiliki kelemahan. Konon, makhluk ini diyakini tidak mampu membungkuk atau merendahkan badannya, sehingga beberapa kalangan menyebut cara menghindar dari serangan lampor adalah dengan cara tidur di atas lantai tanpa menggunakan dipan.

Isu tentang setan lampor ini konon kabarnya sangat marak di era 60-an, sehingga saat ini kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Apakah lampor memang benar adanya atau sekedar mitos belum ada yang benar-benar mengetahuinya secara pasti, namun beberapa kalangan masyarakat Jawa masih meyakini tentang keberadaan makhluk ini.

Mitos Seputar Traveling yang Berlaku di Masyarakat Jawa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia