logo


Alumni 212 Minta Pemulangan Habieb Rizieq ke Indonesia, Ketua DPP Gerindra: "Bukan Urusan Prabowo"

berikut penjelasannya

23 Oktober 2019 18:29 WIB

Habib Rizieq
Habib Rizieq Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan permintaan Persatuan Alumni (PA) 212 untuk mengembalikan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habieb Rizieq Syihab ke Indonesia bukan urusan Prabowo Subianto yang telah ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan (Menhan).

Menurutnya, untuk urusan pemulangan Habieb Rizieq ke Indonesia merupakan urusan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM.

“Terkait dalam hal permintaan Alumni 212 untuk mengembalikan Habieb Rizieq tentu itu menjadi tugas dari pada kementerian terkait. Ada Kemenlu yang bertanggung jawab terhadap warga negara Indonesia di luar negeri, ada Kemenkumham untuk masalah hukum warga negara, juga menjadi urusan Kemendagri. Setidaknya ada 3 kementrrian ini yang terkait. Tentu ini bukan menjadi tugas Kementrian Pertahanan,” ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (23/10).


Hidayat: Hari Rabu, NasDem Akan Datang ke DPP PKS

Namun, kata Riza, Ketua Umum Partai Gerindra itu masih sangat memungkinkan untuk memberikan masukan terhadap pemulangan Habib Rizieq apabila diminta oleh kementrian terkait, tapi lagi-lagi Prabowo Subianto tidak bisa mengintervensi kementrian tersebut.

“Saya kira akan menyampaikan pada insitusi  terkait untuk  menindak lanjuti apa yang menjadi harapan masyarakat, tentu semua menteri memahami tugas masing-masing  tidak bisa mengintervensi kementrrian lain. Tapi kalau diminta untuk menyampaikan untuk memberikan masukan itu sangat dimungkinkan,” kata dia.

Riza berharap masyarakat dapat memahami posisi Prabowo Subianto sebagai Menhan yang harus melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai visi misi presiden Jokowi.

“Tehadap seluruh harapan masyarakat harus bisa memahami bahwa sekarang posisi Pak Prabowo adalah Menhan, sebagai Menhan beliau harus melaksanakan tugasnya  sesuai dengan visi misi presiden terpilih yaitu program Jokowi-Ma’ruf Amin dan sebagai Menhan tentu beliau tugasnya menjaga kedaulatan negara,” ujarnya.

“Jadi saya kira yakinlah apa yang nanti akan diputuskan oleh pemerintah akan baik. Termasuk dalam rangka rekonsiliasi ini tentu kita akan memikirkan bagaimana urusan-urusan Habieb Rizieq diluar negeri bisa selesai dan kembali ke tanah air menjadi bagian dari seluruh warga bangsa yang ikut berpartisipasi membangun bangsa dan negara,” pungkasnya.

Dahnil Jadi Jubir Menhan Prabowo, Netizen: "Dulu Sukanya Nyinyirin Pemerintah, Sekarang..."

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia