logo


Xbox Scarlet Bakal Saingi Sony Playstation 5, Begini Spesifikasi Keduanya

berikut penjelasannya

23 Oktober 2019 16:00 WIB

unionjournalism.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sony dan Microsoft baru-baru ini mengumumkan akan segera merilis konsol game terbaru mereka. Kedua konsol game tersebut dilengkapi dengan sejumlah peningkatan dibanding versi pendahulunya.

Sony mengkonfirmasi telah menyiapkan Play Station 5 atau PS 5, sementara Microsoft juga akan meluncurkan Xbox Scarlett untuk meneruskan Xbox One.

Seperti dilansir dari Game Spot, kedua konsol game terbaru tersebut akan resmi dirilis pada tahun 2020 mendatang. Berikut ini perbandingan perangkat keras Sony PS 5 vs Xbox Scarlett.


Iphone 11 dan 11 Pro, Sekeren Apa sih Kameranya?

1. Prosesor dan Grafis

Sony PS 5 ditenagai prosesor octa-core besutan AMD Ryzen yang menggunakan arsitektur Zen 2. Sayangnya, belum diketahui secara pasti berapa kecepatan prosesor PS 5 dan kapasitas memori RAM yang disematkan.

Dari sisi grafis, konsol game andalan Sony tersebut mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Sony PS 5 menggunakan GPU dari AMD Radeon Navi generasi terbaru. Namun, lagi-lagi spesifikasi teknis GPU PS 5 ini masih dirahasiakan Sony. Sedangkan Xbox Scarlett andalan Microsoft juga ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen generasi Zen 2 dengan kecepatan 1,6GHz yang didukung RAM jenis GDDR6 kapasitas 16GB.

Untuk Sektor grafis, Xbox Scarlett hadir dengan mengusung grafis AMD Arcturus. GPU yang digunakan Xbox terbaru ini juga masih dirahasiakan. Walaupun ada beberapa poin yang belum diketahui secara pasti, namun performa kedua konsol game ini jelas mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

2. Storage dan Spesifikasi Teknis Lainnya

Sony PS 5 dan Xbox Scarlett dibekali media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) dimana Kapasitas penyimpanan Xbox Scarlett mencapai 1TB, sedangkan untuk Sony PS 5 masih belum terkonfirmasi. Kedua konsol game modern ini juga sama-sama dilengkapi drive optik yang mendukung resolusi hingga 8K dengan frame rate hingga 120fps.

3. Kompatibilitas dengan Versi Terdahulu

Sony PS 5 dapat memainkan game PS 4 dan PS 4 Pro. Sama halnya dengan PS 5, Xbox Scarlett juga dapat memainkan game dari Xbox One, Xbox 360, dan Xbox.

 

Muncul di PlayStation 5, God of War Terbaru Bakal Lebih Dahsyat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia