logo


Didapuk Jadi Menkominfo, Pengamat ke Johnny, "Bisa Langsung Gaspol"

Simak berita selengkapnya

23 Oktober 2019 11:54 WIB

Sekjen NasDem, Johnny G Plate
Sekjen NasDem, Johnny G Plate Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politikus Partai NasDem, Johnny G. Plate, dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2019-2024.

Menggantikan Rudiantara di posisi serupa, Johnny memiliki tugas yang harus diemban dalam lima tahun kedepan. Presiden Jokowi juga menyebutkan ranah yang mesti ditangani oleh Johnny, salah satunya kejahatan di dunia maya.

“Masalah cyber crime, kedaulatan data, dan lain-lainnya akan menjadi wilayah beliau,” ujar Jokowi di Istana Negara, (23/10).


Presiden Joko Widodo Tetapkan 34 Calon Menteri, Sebagian Besar Kalangan Profesional

Terpilihnya Johnny sebagai Menkominfo, mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Pengamat telekomunikasi, Heru Sutadi, mengatakan bahwa Johnny memiliki tugas yang menumpuk dalam 100 hari ke depan.

“Pak Johnny bisa langsung gaspol,” kata Heru, dilansir dari Tempo, (23/10).

Tugas perdana Johnny, menurut Heru, menggencarkan pembahasan Rancangan Undang-undang atau RUU Perlindungan Data Pribadi dalam 100 hari mendatang. Kominfo juga harus menjelaskan detail poin-poin di dalam UU sebelum dibahas di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat.

Lebih lanjut, Johhny memiliki tugas menyelesaikan konsep pembangunan backhaul dan akses pendukung pengoperasian Palapa Ring.

Seperti diketahui, Palapa Ring merupakan infrastruktur tol langit. Keberadaannya menjadi tulang punggung serat optik nasional dan akan menjangkau sebanyak 34 provinsi.

Selain pematangan proyek Palapa Ring, Heru mengatakan bahwa Kominfo memiliki tugas lebih luas dalam mengevaluasi program yang sudah ada sebelumnya.

“Kominfo memiliki tugas mengeluarkan kebijakan interkonekai berbasis IP, lalu reevaluasi program 1000 Startup dan dorongan baru untuk menginkubasi startup yang sudah dikurasi,” ujar Heru.

Mengenai pemilihan Johnny Plate sebagai Menkominfo, Heru mengakui hak prerogatif Presiden Jokowi. Maka dari itu, ia tak ingin memberikan komentar banyak.

Namun, Heru menyebut Menkominfo seharusnya menguasai teknis dan bisnis mengembangkan telekomunikasi, penyiaran, serta ekonomi digital.

Bekerja Sama dengan Prabowo di Kabinet, Fachrul Razi: Biasa Saja

Halaman: