logo


Terbakar, Kawasan Gunung Ranti dan Kawah Ijen Terpaksa Ditutup

berikut penjelasannya

22 Oktober 2019 17:10 WIB

kabarjawatimur.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selain Gunung Rinjani, kawasan Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, juga terpaksa ditutup sementara untuk kunjungan maupun pendakian akibat kebakaran hutan dan lahan, Minggu (20/10).
Seperti diketahui, gunung yang berada di wilayah perbatasan Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso ini terkenal dengan fenomena api birunya .

Kebid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharram mengatakan penutupan pendakian Gunung Ijen dan Gunung Ranti yang bersebelahan dengan Gunung Ijen diberlakukan mulai di kawasan rest area Jambu.

"Pemkab mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk melakukan penyemprotan di sejumlah titik. Sejumlah jalur kami siram air agar kebakaran tidak merembet. Fungsinya memang untuk membasahi agar kebakaran tidak meluas," tambahnya.


Sekolah dalam Asap, Cerita dan Harapan Siswa Batu Ampar Kalbar

Menurut Eka, kebakaran yang terjadi sejak Sabtu malam terus meluas pengaruh dari angin yang sangat kencang. Akibatnya, kebakaran tak hanya terjadi di Gunung Ranti, tetapi juga sudah menyebar hingga kawasan Hutan Merapi Ungup-ungup.

Kebakaran terjadi di jalur pendakian Gunung Ranti sisi sebelah barat sehingga terlihat jelas dari kawasan rest area Gunung Ranti.

"Angin kencangnya memang tidak berhenti, terus-terusan ada. Namun, banyak pohon tumbang karena kencangnya tiupan angin dan ini membahayakan. Pedagang di area Gunung Ranti sudah kami ajak meninggalkan lokasi," pungkasnya.

Merapi Semburkan Awan Vulkanik Setinggi 3.000 meter

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia