logo


Rinjani Terbakar, Debu Sisa Kebakaran Hujani Mataram

simak penjelasannya

22 Oktober 2019 16:49 WIB

suarantb.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dampak kobaran api besar yang terjadi di kawasan Gunung Rinjani dirasakan hingga Mataram. Debu sisa hasil kebakaran dari Gunung Rinjani tertiup angin hingga menghujani kota Mataram, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat.

Warga Kota Mataram tidak menduga dampak kebakaran akan terasa hingga ke kota itu. Mereka mengaku kaget saat serpihan bekas kebakaran memenuhi teras dan halaman rumah. Padahal, jika ditempuh lewat jalan darat, memakan waktu 3 jam dari Kota Mataram ke kawasan Gunung Rinjani.

Hingga saat ini, kebakaran masih terjadi di Gunung Rinjani. Warga sangat berharap pemerintah setempat mampu mengatasi kebakaran hutan di kawasan tersebut secara cepat.


3 Film Tentang Solo Traveling Ini Recommended Banget Buat Ditonton

“Kami berharap pemerintah bisa segera mengambil langkah-langkah antisipasi sebleum berdampak luas,” kata salah satu warga dikutip dari ANTARA, Selasa 922/10).

Sementara itu, pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) telah menerjunkan personil ke titik api. Mereka berupaya mencegah api menyebar ke area lain seperti kawasan hutan Sembalun.

Harian Kepala BTNGR Dwi Pangestu dalam keterangan tertulisnya mengatakan jika seluruh jalur pendakian di gunung itu ditutup sejak Minggu (20/10) dan wisatawan dilarang untuk melakukan pendakian hingga batas waktu yang tidak ditentukan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kebakaran Hutan, Semua Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia