logo


Dipilih Jadi Menteri, Ini 7 Fakta Nadiem Makarim yang Perlu Kamu Ketahui

Simak berita selengkapnya

22 Oktober 2019 14:57 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nama Nadiem Makarim berhasil mencuri perhatian publik saat dirinya menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan pada Senin (21/10).

Nadiem disinyalir akan menduduki kursi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Namun, kepastian posisi penempatannya masih dirahasiakan hingga pelantikan yang dicanangkan pada Rabu, (23/10).

Mungkin sebagian besar masyarakat masih terasa asing ketika mendengar nama Nadiem Makarim. Lantas, siapakah sosok calon menteri tersebut? Berikut fakta-fakta yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber:


Lanjut Jadi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono: Jabatan Buat Saya Adalah Perintah

Bos Perusahaan Layanan Ojek Daring

Nadiem Makarim merupakan pendiri dari salah satu perusahaan ojek online ternama di Indonesia, yakni Gojek.

Ditanya mengenai posisinya di Gojek selepas ditunjuk menjadi menteri, Nadiem mengaku sudah mundur dari Gojek. "Per hari ini, posisi saya di Gojek sudah mundur dan tidak ada kewenangan sama sekali di Gojek," tuturnya, dilansir dari Liputan6, (21/10).

Keputusannya mengundurkan diri sebagai pimpinan perusahaan karena menjadi seorang menteri, membuat para driver ojol akan melakukan aksi tuntutan alias demo.

Masuk 50 Inovator Dunia

Menurut Bloomberg, belum ada platform teknologi yang mampu mengubah kehidupan masyarakat Indonesia secepat Gojek. Atas dasar itu lah Nadiem masuk dalam daftar inovator tahunan Bloomberg 50 pada 2018

Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Nadiem sempat masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia pada Juli 2018 lalu. Kekayaan Nadiem ditaksir mencapai USD100 juta atau Rp1,4 triliun (kurs Rp14.000 per USD).

Jadi Perhatian Dunia

Sejak namanya tercetus dalam perkiraan kabinet Jokowi, Nadiem telah menjadi sorotan negeri seberang, bahkan dunia.

Menurut Liputan6.com, Media asal Singapura, Channel News Asia dan Straits Times, ikut memberitakan hal ini dengan judul "Gojek CEO Nadiem Makarim resigns to join Indonesian President Jokowi's Cabinet."

"CEO dan pendiri Gojek Nadiem Makarim mengatakan pada hari Senin (21 Oktober) ia telah mengundurkan diri dari perusahaan transportasi dan pembayaran untuk bergabung dengan Kabinet Presiden Indonesia Joko Widodo," demikian kutipan dari artikel Channel News Asia.

Lulusan Amerika

Nadiem merupakan pria kelahiran Singapore, 4 Juli 1984. Ia mengenyam pendidikan International Relations di Brown University. Ia juga mengambil gelar Master of Business Administration dari Harvard Business School. Usai menyelesaikan pendidikannya, ia kembali ke tanah air dengan mencetuskan karya, yakni Gojek.

Konsultan Manajemen

Nadiem memulai karir di McKinsey & Company sebagai konsultan manajemen di Jakarta. Barangkali pengalaman itu lah yang juga menjadi pertimbangan Presiden Jokowi untuk menunjuknya.

Anak Pengacara

Nadiem Makarim merupakan seorang anak bungsu dari tiga bersaudara. Diketahui Nadiem adalah buah hati dari pengacara sekaligus aktivis yakni Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri.

Erick Thohir Dinilai Tak Cocok Jadi Menteri BUMN, CBA: Dia Terlalu Banyak Kepentingan

Halaman: 
 
×
×