logo


Wow Ini Dia Kampus Terluas di Indonesia

Di mana saja?

21 Oktober 2019 15:15 WIB

https://quipper-video-wordpress.s3.amazonaws.com/images/2015/12/shutterstock_104516057_800x533.jpg
https://quipper-video-wordpress.s3.amazonaws.com/images/2015/12/shutterstock_104516057_800x533.jpg
dibaca 696 x

Bisa berkuliah di universitas yang bergengsi tentu bisa menjadi kebanggaan diri sendiri. Apalagi jika universitas tersebut menyediakan banyak jurusan dan memiliki lahan yang benar-benar luas, tentu kita semakin bangga pernah menjadi bagian dari universitas tersebut.

Memiliki banyak pilihan jurusan yang tersedia dalam universitasnya, tentu akan semakin luas juga kampusnya. Bagi sobat Jitunews yang penasaran dengan kampus terluas di Indonesia berikut ulasannya siapa tau kampus kalian menjadi salah satunya.

1. Universitas Sriwijaya


Intip Yuk Kamera YouTuber, Ternyata Segini Harganya!

Kampus terluas di Indonesia yang pertama adalah Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah perguruan tinggi negeri bergengsi di Sumatera Selatan. Ada 10 fakultas yang tersedia di perguruan tinggi ini, salah satu yang menjadi incaran para calon mahasiswa baru adalah fakultas kedokteran dan fakultas ekonomi. Kampus ini berada di Palembang dan memiliki tanah seluas 712 Ha. Universitas ini dinobatkan sebagai kampus paling luas se-Indonesia. Perguruan yang satu ini memang sangat terkenal bahkan, mahasiswa dari luar Palembang pun saling berebut tempat untuk bisa dapat berkuliah di Universitas Sriwijaya.

2. Universitas Riau

Masih di daerah Sumatera, kali ini kita akan membahas kampus terluas kedua di Indonesia yaitu Universitas Riau. Pilihan fakultas yang ditawarkan di Universitas Riau ini cukup bergengsi seperti pertanian, keperawatan, sampai dengan kedokteran. Perguruan tinggi ini juga menyediakan program studi S1, magister, sampai dengan studi S3. Yang menarik, Universitas Riau turut menyediakan fakultas perikanan dan kelautan.

Adapun Universitas Riau menempati lahan seluas 700 Ha. Dengan kampus seluas ini kamu pasti harus mengeluarkan sedikit tenaga jika ingin berjalan-jalan menyusuri setiap sudut kampus ini.

3. Universitas Andalas

Kampus terluas di Indonesia yang ketiga juga masih berada di Sumatera, kali ini adalah Universitas Andalas yang berada di Kota Padang. Universitas Andalas juga memiliki program studi yang cukup lengkap, mulai dari pertanian, kedokteran, kedokteran gigi, ilmu budaya, ilmu sosial dan politik, sampai dengan peternakan. Selain itu, Universitas Andalas juga menyediakan program profesi dan pascasarjana.

Perguruan tinggi ini juga merupakan yang tertua di luar Pulau Jawa. Peresmian Universitas Andalas dilakukan tahun 1955 oleh Mohammad Hatta. Disebut sebagai kampus terluas karena perguruan tinggi ini memiliki luas wilayah 502 Ha.

4. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah jawaban yang tepat, kalau bicara soal perguruan tinggi paling populer di Sumatera. USU menyediakan beberapa fakultas, seperti ekonomi dan bisnis, pertanian, hukum, farmasi, ilmu budaya, kedokteran, kehutanan, dan masih banyak lagi. Luas kampus USU di Padang Bulan adalah 116 Ha, sedangkan kampus USU di Kwala Bekala luasnya 300 Ha. Jika kedua kampus digabungkan maka luasnya bisa mencapai 416 Ha.

Perguruan tinggi ini selalu menjadi tujuan bagi siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Peserta ujian masuk USU tidak hanya berasal dari Medan saja, tapi juga wilayah lain di Sumatera.

5. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah jawaban yang paling tepat, kalau ditanya mengenai kampus paling “hijau” se-Indonesia. Universitas Indonesia menempati lahan seluas 320 Ha. Namun, tidak semua lahannya digunakan sebagai bangunan kampus. 75 persen lahan Universitas Indonesia digunakan sebagi hutan kota dan 8 buah danau alam. 25 persen dari luasnya dimanfaatkan untuk bangunan perguruan tinggi negeri ini. Kampus bergengsi ini terletak di Depok, Jawa Barat. Universitas ini juga menjadi perguruan tinggi incaran bagi setiap calon mahasiswa.

Ditulis oleh: Dede Satria

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

TRENDING! Nia Ramadhani Tak Tahu Cara Kupas Buah Salak, Ternyata Ada Beberapa Jenis Salak Lho...

Halaman: 
Admin : Aurora Denata