logo


TRENDING! Nia Ramadhani Tak Tahu Cara Kupas Buah Salak, Ternyata Ada Beberapa Jenis Salak Lho...

Apa saja?

21 Oktober 2019 14:12 WIB

Source : Instagram/ardibakrie
Source : Instagram/ardibakrie
dibaca 738 x

Jagat Twitter Tanah Air dihebohkan dengan tagar #NiaRamadhani yang berisi video tentang Nia Ramadhani tidak tahu cara mengupas buah salak.

Wow, ternyata banyak lho jenis jenis salak di dunia yang belum banyak diketahui, berikut diantaranya.

1. Salak Pondoh


Dulu Dianggap Seram, Sekarang Jadi Peliharaan...

Foto : tokopedia

Salak pondoh merupakan salak yang paling disukai oleh masyarakat pecinta salak. Bahkan, salak ini dinyatakan sebagai buah unggul karena mempunyai banyak kelebihan. Salak pondoh terkenal karena walaupun ukurannya kecil tetapi rasanya manis. Bahkan rasa manisnya yang khas ini terkenal hingga mancanegara dan sering jadi buruan oleh-oleh turis asing, lho. Menurut jenisnya, ada lima macam salak pondoh, yaitu salak pondoh hitam, salak pondoh merah, salak pondoh merah hitam, salak pondoh merah kuning, dan salak pondoh kuning.

2. Salak Condet

Foto : Keren Margaret Vicer / Beritajakarta.id
Buah salak condet berasal dari Condet, Cililitan (Jakarta). Varietas buah salak ini sudah jarang ditemukan pada sekarang ini. Ukurannya bervariasi mulai dari ukuran kecil maupun yang berukuran besar. Kulitnya berwarna cokelat kehitaman dengan ciri khas memiliki sisik yang besar. Biji buah salak ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan rasa dagingnya yang manis sampai manis keasaman.

3. Salak Madu

Foto : bukalapak
Salak madu mengandung banyak air. Rasanya manis seperti madu, dagingnya berwarna kekuningan, bertekstur renyah, dan lembut. Untuk ciri dari luarnya, kulit salak madu tipis dan mengkilap. Bentuk buahnya segitiga atau lonjong. Salak madu bisa berbuah sepanjang tahun, tanpa mengenal musim. Salak madu juga banyak dibudidayakan di daerah Sleman.

4. Salak Gula Pasir

Foto : kintamani.id
Salak populer yang satu ini berasal dari pulau Bali. Rasanya sangat manis seperti gula pasir, rasa manis ini sudah ada sejak salak itu masih kecil dan muda. Warna kulit buahnya cokelat kehitaman dan bersisik kecil-kecil. Daging buahnya tebal dengan kandungan air sedikit dan berbiji kecil-kecil. Salak ini berasal dari desa Sibetan, Karang Asem, Bali.

5. Salak Bali

Foto : bukalapak
Buah salak Bali berukuran kecil-kecil dan warna kulitnya putih, salak Bali juga terkenal dengan salak putih. Biji dari buah salak Bali berukuran kecil, sehingga memiliki daging yang tebal dengan rasa yang manis dan renyah. Salak yang manis ini memiliki kandungan air yang banyak.

6. Salak Sidempuan

Foto : istimewa
Salak Sidempuan banyak dibudidayakan di Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Salak Sidempuan terbagi dalam dua varietas, yakni salak Padang Sidempuan merah dan salak Padang Sidempuan Putih.

Salak Padang Sidempuan merah memiliki memiliki warna daging buah yang semburat merah dengan rasa daging buah kombinasi manis, masam, dan sedikit sepat. Kulit buahnya bersisik besar dengan warna cokelat kehitaman.

7. Salak Gading

Foto : tribunews
Salak gading warnanya kuning gading dan mengkilap, ukurannya sedang hingga besar. Salak ini berasal dari daerah Sleman – Jogja seperti salak pondoh dan gading, salak gading bisa dibedakan berdasar warna kulit dan dan ukuran buahnya.

Rasa salak gading sedikit lebih masam, biasa dicari oleh orang-orang yang tidak terlalu suka manis.

8. Salak Ambarawa

Foto : bukalapak
Buah salak ambarawa ada dua jenis, yaitu salak nangka dan salak petruk. Rasa dari kedua varietas salak ini manis dan masir. Buah salak nangka berbentuk bulat dan kandungan air buah salak ini banyak, dan memiliki aroma seperti buah nangka. Sedangkan buah salak petruk berbentuk memanjang, warna kulitnya cokelat kehitaman.

9. Salak Bangkok

Foto : flickr

Salak Bangkok berbeda dengan salak dari Indonesia. Di samping bentuknya yang spesifik, aromanya juga berbeda. Salak Bangkok bentuknya memanjang dengan ujung runcing. Panjangnya bisa mencapai 9-10 cm dan lebarnya 4-5 cm. Kulitnya lebih tipis dibanding dengan salak dari Indonesia Bila salak ini dibelah, hanya terdiri dari satu buah, sangat jarang yang isinya dua buah.

10. Salak Bongkok

Foto : Istimewa
Salak ini berasal dari desa Bongkok, Sumedang. Bila sudah matang, kulitnya akan berwarna merah mengkilap dan duri durinya yang lembut mulai rontok. Buahnya terasa manis dan berdaging tebal.

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Anime Boruto Eps 129 Segera Tayang, Yuk Intip Jutsu Mematikan yang Pernah Ada

Halaman: 
Admin : Aurora Denata