logo


Terkait Berlakunya UU KPK, Musisi Ini Catut Pandangan Mahatma Gandhi

Simak berita selengkapnya

19 Oktober 2019 14:09 WIB

Robi Navicula
Robi Navicula Beritagar

BALI, JITUNEWS.COM - Berlakunya Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru diyakini dapat menurunkan kepercayaan masyarakat pada pemerintah.

Hal itu senada dengan yang diungkapkan oleh vokalis grup musik grunge Navicula, Gede Robi Supriyanto.

Robi menilai keberadaan KPK selama ini justru berperan menumbuhkan kepercayaan publik terhadap Negara, terutama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.


Jokowi Tersenyum Ditanya soal Perppu, KPK: Kami Masih Memohon

"Dulu menjadi harapan. Namun, kini runtuh," tutur Robi dilansir dari Tempo, (17/10).

Menurutnya, turunnya kepercayaan publik terhadap pemerintah, merupakan sebuah ancaman bagi Negara. Ia pun mengambil pandangan dari tokoh bersejarah, Mahatma Gandhi.

Robi menyebut sedang ada upaya pelemahan terhadap lembaga antirasuah pada level pimpinan, seperti kasus cicak vs buaya yang ia sebutkan.

Bentuk pelemahan, lanjut Robi, menggunakan undang-undang untuk secara langsung menyerang sebuah institusi.

Musisi sekaligus pegiat lingkungan itu mengaku telah menelusuri lebih dalam ke persoalan pelestarian lingkungan. Ia menemukan pembenturan dengan tindakan korupsi.

Dia menyoroti kebakaran hutan dan lahan yang belakangan terjadi. Jika ditelusuri, maka semuanya bermuara pada isu korupsi, sebagaimana pemegang kebijakan bersekongkol dengan pengusaha tertentu.

"KPK sudah banyak menangkap koruptor di bidang sumber daya alam," katanya.

Robi menyebutkan bahwa wacana revolusi mental yang digencarkan Presiden Joko Widodo justru terhadang konflik perpecahan di masyarakat dan pelemahan KPK. Padahal saat awal memimpin, Jokowi bertujuan mengembalikan kepercayaan rakyat.

"Kontras dengan saat awal Jokowi menjadi Presiden," katanya.

Tuding Ketua KPK Gak Paham Aturan, Politisi PDIP: KPK Tetap Bisa Melakukan OTT

Halaman: 
Penulis : Iskandar