logo


Catatan 5 Tahun Jokowi-JK, Buka Keterisolasian Hingga Indonesia Terang

Selain pembangunan ekonomi, pemerintah juga memenuhi kebutuhan dasar warganya

18 Oktober 2019 20:45 WIB

Joko Widodo dan Jusuf Kalla
Joko Widodo dan Jusuf Kalla Instagram @jusufkalla

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selama 5 tahun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin, pemerintah berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Dengan menggeser orientasi pembangunan di daerah dengan skala ekonomi besar dan penduduk padat ke daerah pinggiran dengan skala ekonomi kecil, akses yang susah, serta penduduk yang jarang. Hal itu adalah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Guna mewujudkan Indonesia terang, pemerintah menyiapkan 35 ribu MW pembangkit, ratusan kilometer kabel transmisi disambungkan, dan untuk masyarakat pedalaman dihadirkan Lampu Tenaga Surya hemat energi.


Catatan 5 Tahun Jokowi-JK, Pemilu Serentak yang Kompleks tapi Rendah Perselisihan

Selain itu, pemerintah juga mewujudkan BBM satu harga. Menurut pemerintah, energi yang terjangkau akan meningkatan produktivitas rakyat dalam berbagai bidang.

Dalam sektor teknologi informasi, peningkatan internet yang merata ke seluruh wilayah bisa meningkatkan produktivitas.

Pemerintah juga membuka keterisolasian dengan program jembatan udara, pemerintah menyediakan rute penebangan yang melayani hingga ke pedalaman, daerah-daerah terpencil dan pulau-pulau terluar. Hal tersebut untuk meningkatkan konektivitas logistik, serta memangkas kesenjangan ekonomi dan kesenjangan antar-wilayah

"Kehadiran infrastruktur begitu penting dalam perekonomian. Dengan terjadinya kemudahan dalam pertukaran barang dan jasa infrastruktur yang baik pun mendorong bertumbuhnya pusat-pusat ekonomi di sekitarnya," seperti dikutip Jitunews dari catatan 'Lima Tahun Maju Bersama, Capaian Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla', Jumat (18/10).

Pemerintah juga terus mengupayakan kemudahan usaha baik di level nasional maupun daerah, sehingga daya tarik Indonesia di mata investor semakin meningkat. Hal ini disebabkan proses penyederhanaan perizinan yang terus menerus dilakukan.

Guna mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, seperti ekonomi kreatif dan pariwisata serta ekonomi maritim.

Selain pembangunan ekonomi, pemerintah juga memenuhi kebutuhan dasar warganya. Pemerintah melakukan bantuan sosial melalui Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Pemerintah juga memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sistem jaminan Sosial Nasional (SJSN) makin komprehensif dengan diberlakykan BPJS Ketenagakerjaan tang mencakup puluhan juta peserta.

Catatan 5 Tahun Jokowi-JK, Indonesia Sejajar dengan Negara-negara Maju

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata