logo


Catatan 5 Tahun Jokowi-JK, Indonesia Sejajar dengan Negara-negara Maju

Selama 5 tahun memimpin Jokowi-JK mengukir prestasi

18 Oktober 2019 19:45 WIB

Jokowi Bersama Peserta IMF melakukan foto bersama
Jokowi Bersama Peserta IMF melakukan foto bersama @jayalah.negriku

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan segera berakhir. Pada tanggal 20 Oktober 2019 besok, Jokowi bersama Ma'ruf Amin akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden yang baru.

Selama 5 tahun memimpin, Jokowi-JK mengukir prestasi. Salah satunya, Indonesia sejajar dengan negara-negara maju.

"Indonesia dipandang maju pesat dalam penyelenggaraan acara berskala internasional, sekaligus menunjukkan keberhasilan Pemerintah dalam menyiapkan menjadi negara maju," seperti dikutip Jitunews dari catatan 'Lima Tahun Maju Bersama, Capaian Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla', Jumat (18/10).


5 Tahun Jokowi-JK Bangun Infrastruktur Besar-besaran, Saatnya Fokus SDM

Pemerintah terus berusaha selalu hadir dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

"Tata kelola pemerintahan yang kredibel ditandai dengan membaiknya pencegahan korupsi dan penguatan dalam sistem birokrasi yang makin transparan, efektif, dan dapat diandalkan," tulisnya.

Pemerintah berkomitmen untuk melawan korupsi tiada henti dan juga mewujudkan pelayanan publik yang prima.

Selain itu, Pemerintahan Jokowi-JK membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa. Salah satunya pembangunan di Papua. Dimana percepatan pembangunan kesejahteraan Papua telah berdampak pada peningkatan indeks pembanguhan manusia dan penurunan tingkat kemiskinan.

Kemudian pembangunan desa guna mewujudkan kemandirian desa, pertumbuhan ekonomi, serta peningkatan kualitas hidup. Hal itu bisa diwujudkan dengan program Dana Desa.

"Transfer dana desa terus ditingkatkan mencapai Rp257 triliun pada tahun 2019 telah meningkatkan jumlah desa mandiri dan pendapatan masyarakat, sementara jumlah kemiskinan dan pengangguran di desa menurun," jelasnya.

Catatan 5 Tahun Jokowi-JK, Pemilu Serentak yang Kompleks tapi Rendah Perselisihan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata