logo


5 Tahun Jokowi-JK Bangun Infrastruktur Besar-besaran, Saatnya Fokus SDM

Fondasi SDM yang berkualitas menjadi modal intelektual dan sosial guna menyiapkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi global

18 Oktober 2019 18:06 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla.
Presiden Joko Widodo bersama Wapres Jusuf Kalla. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan segera berakhir. Selama 5 tahun memimpin Indonesia bersama, keduanya menghadapi tantangan pembangunan dan juga mengejar ketertinggalan Indonesia di berbagai sektor.

"Selama lima tahun, Pemerintahan Jokowi-JK berjibaku menghadapi tantangan pembangunan kontemporer dan mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia di berbagai sektor," ujar Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, dalam keterangan yang diterima Jitunews, Jumat (18/10).

"Hal ini dapat dilihat dalam pengerahan sumber daya Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mengakselerasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur sebagai fondasi fisik kesatuan nasional, menghubungkan dusun, desa, dan kota,mempererat konektivitas antarprovinsi dan antarpulau seantero Nusantara," jelasnya.


Jelang Pelantikan Jokowi, Sekjend MPR: "Sarana Prasarana Rahasia Sudah Siap"

Pemerintah juga terus meningkatkan belanja kesejahteraan sosial dasar, terutama pengentasan kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan.

"Pemerintah juga membangun berbagai dasar-dasar strategi kebijakan untuk menghadapi tantangan masa depan, baik yang sudah di depan mata maupun yang masih dalam prediksi," ujar Moeldoko.

Guna menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan disrupsi yang mengikutinya, untuk menghadapi bonus demografi, untuk menghadapi konsekuensi menjadi salah satu bangsa dengan ekonomi terbesar di dunia. Moeldoko menyebut semua itu telah mulai dipersiapkan, sehingga pemerintahan berikutnya bisa melanjutkan dengan baik.

Di periode berikutnya, Jokowi menjanjikan akan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Setelah besar-besaran kita bangun infrastruktur di Tanah Air, tahapan besar dalam periode kedua pemerintahannya ialah pembangunan SDM. Pembangunan SDM ialah kunci kemajuan bangsa," ujar Moeldoko.

Moeldoko mengatakan bahwa fondasi SDM yang berkualitas menjadi modal intelektual dan sosial guna menyiapkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi global di masa mendatang.

Jelang Pelantikan Jokowi, Sekretaris Jenderal MPR: "Gladi Resik Sudah Final"

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata