logo


Jelang Pelantikan Jokowi, Sekjend MPR: "Sarana Prasarana Rahasia Sudah Siap"

berikut penjelasannya

18 Oktober 2019 17:42 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretariat MPR RI melakukan berbagai persiapan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat yang akan diselenggarakan pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.

“Prinsipnya secara general sebagai unsur pendukung, telah mempersiapkan pelaksanaan sidang paripurna MPR akan kita laksanakan tanggal 20 Oktoberjamnya 14.30 Wib, itu sudah mulai sidang, tentu yang kita persiapkan cukup banyak,” ujar Sekretaris Jenderal MPR, Ma'ruf Cahyono saat melakukan gladi kotor di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10).

“Dan tentu kita semua tahu bahwa sidang paripurna MPR itu di tahun ini kan, tidak hanya sidang pelantikan sudah dari Agustus yang lalu ya. Ada sidang tahunan, sidang akhir masa jabatan dan juga ada sidang pelantikan anggota DPR DPD dan MPR,” imbuhnya.


Pertemuan dengan Para Menteri, Jokowi: Agak Santai Hari Ini

Ma’ruf menambahkan bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi baik itu internal maupun eksternal dalam mempersiapkan acara pelantikan tersebut.

“Kita di lingkungan parlemen ada 3 lembaga sekjen DPR, sekjen DPD dan sekjen MPR sendiri yang tentu memiliki sumber daya sumber daya yang harus secara maksimal dimanfaatkan untuk kepentingan suksesnya penyelenggaraan sidang pelantikan presiden dan wakil presiden,” tuturnya.

Kemudian, kata Ma’ruf, dari berbagai apsek juga telah disiapkan, mulai dari aspek sarana prasarana, aspek Sumber Daya Manusia dan aspek publikasi.

“Sarana prasarana rahasia sudah siap, kita akan gunakan gedung Nusantara bulat yang kita kenal. kemudian dari aspek sumber daya manusianya tentu ada unsur-unsur pengamanan internal kita juga sudah integrasikan, koordinasikan supaya penuh mendukung pengamanan internal dalam rangka sidang-sidang MPR itu,” kata Ma’ruf

“Dari aspek publikasi, saya kira juga sudah terintegrasi ya kita sudah melakukan pendaftaran ya para jurnalis ya, dari berbagai media cetak elektronik dan lain-lain bahkan jumlahnya lebih dari 1000 wartawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Nah itu adalah dukungan teknis yang diharapkan bisa mendukung secara penuh sehingga sidang paripurna berjalan lancar,” pungkasnya.

Isu Gerindra dan Demokrat Dapat Jatah Menteri, Jokowi: Nanti Kita Semuanya Tahu

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Tino Aditia