logo


Selain Hemat Listrik, Tidur dalam Gelap Ternyata Juga Bagus buat Kesehatan lho

berikut penjelasannya

18 Oktober 2019 17:30 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tidur di malam hari adalah kebutuhan utama bagi tubuh agar kembali fit dalam beraktifitas di esok paginya. Walaupun tampak remeh, namun pola dan kebiasaan tidur ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan.

Salah satu kebiasaan sederhana yang memiliki beragam manfaat adalah tidur dalam keadaan ruangan gelap atau minim cahaya. Berikut beberapa manfaat tidur dalam kondisi gelap yang berhasil dihimpun dari beberapa sumber.

1. Menjaga Sistem Imun Tubuh


Obat Batuk Alami yang Sering Dijumpai di Dapur

Tidur dalam kondisi minim cahaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan produksi hormon melatonin. Hormon ini membuat otak lebih rileks dan tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, hormon melatonin ini merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh yang berfungsi untuk memagari tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan prostat. Tubuh akan memproduksi hormon ini secara maksimal jika tubuh sedang istirahat dan tidak terpapar banyak cahaya. Dengan begitu, selain sehat kamu juga menghemat anggaran listrikmu.

2. Mencegah Depresi

Hormon melatonin juga membuat tubuh menjadi rileks sehingga kualitas tidur meningkat. Kualitas tidur yang baik membuat seseorang merasa lebih segar saat bangun dan secara otomatis mengurangi bahkan menghilangkan stress dan depresi.

3. Mood Booster

Rasa segar saat bangun tidur selain mengurangi stres juga memperbaiki mood kamu. Selain itu, lancarnya produksi melatonin secara otomatis meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon serotonin adalah salah satu hormon yang bertugas sebagai mood booster.

Selain Bagus buat Jantung, Konsumsi Kacang Hijau secara Rutin Bikin Langsin Badan lho..

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia