logo


Indonesia Berhasil Jadi Jawara Pasar Keuangan Syariah Global 2019

Sebelumnya Indonesia berada di peringkat ke-6

18 Oktober 2019 11:40 WIB

Ilustrasi  Keuangan Syariah
Ilustrasi Keuangan Syariah makalah.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Geliat pasar keuangan syariah di Indonesia semakin tumbuh, hal ini terbukti dari pencapaian Indonesia menduduki peringkat pertama dalam Pasar Keuangan Syariah Global Tahun 2019.

Global Islamic Finance Report (GIFR) adalah lembaga yang memberiklan peringkat tersebut untuk Indonesia. GIFR merupakan lembaga nonpemerintah di Inggris yang saat ini diketuai Prof. Humayon Dar, bekas Dirjen IRTI-IDB (Islamic Development Bank).

Tahun lalu Indonesia hanya bisa tercatat sebagai peringkat ke-6 dengan skor 81,93 pada Islamic Finance Country Index (IFCI).


Perkuat Komitmen di Sektor Penerbangan, Indonesia Hadiri Sidang Majelis ICAO ke-40

Beberapa faktor yang ditemukan GIFR yang mendorong kinerja keuangan syariah di Indonesia diantaranya perkembangan regulasi dan peningkatan ekosistem industri perbankan dan keuangan Syariah. Selain itu, dukungan politik yang kuat, dan potensi yang besar.

"Faktor lainnya adalah jumlah unit usaha syariah, perbankan syariah, jumlah institusi keuangan nonbank syariah, dan sukuk di tanah air", Ujar Humayon Dar ungkapnya di Kantor Bappenas, Kamis (17/10) di sela acara penyerahan penghargaan dimaksud.

Tanam 300.074 Mangrove, TNI Pecahkan Rekor MURI

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman