logo


3 Ritual Adat Unik yang Hanya Ada di Indonesia

berikut penjelasannya

17 Oktober 2019 19:27 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di Indonesia, setiap suku mempunyai adat istiadat dan ritualnya yang khas. Berikut 3 adat istiadat unik yang ada di Indonesia.

1. Ritual Ma'nene - Suku Toraja

Ritual Ma'nene diawali dengan mengunjungi lokasi tempat bersemayamnya para leluhur di pekuburan Patane. Mayat-mayat leluhur tersebut disimpan di dalam peti yang telah diberi pengawet. Sebelum mayat dikeluarkan dari peti, tetua suku Toraja yang dikenal dengan sebutan Ne'Tomina Lumba kemudian membaca semacam mantra dalam bahasa Toraja kuno.


5 Kota Wisata di Pulau Jawa Ini Biasanya Sangat Padat saat Musim Liburan atau Akhir Pekan

Setelahnya, jasad leluhur diangkat dari dalam peti dan dibersihkan dengan sangat hati-hati. Jasad tersebut dibersihkan oleh anak cucu keturunannya dengan kuas atau kain bersih, mulai dari bagian kepala sampai ujung kaki. Setelah bersih, mayat tersebut kemudian dipakaikan pakaian baru, dan dibaringkan kembali ke dalam peti.

Selama proses tersebut, sebagian kaum laki-laki akan berdiri dalam sebuah formasi membentuk lingkaran sambil menyanyikan lagu dan tarian yang melambangkan kesedihan.

2. Tradisi Potong Jari – Suku Dani Papua

Ritual ini tergolong sangat ekstrim, dan itulah sebabnya tradisi ini mulai ditinggalkan oleh suku Dani. Ritual potong jari ini merupakan sebuah tradisi untuk mengekspresikan kesedihan atas meninggalnya anggota keluarga. Ritual suku Dani ini menggambarkan bentuk kerukunan, kebersatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun dalam sebuah keluarga.

3. Tradisi Meruncingkan Gigi – Suku Mentawai

Cantik itu subjektif. Rupanya kalimat tersebut sangat tepat untuk menggambarkan kriteria kecantikan masyakarat Suku Mentawai. Di suku ini, wanita dianggap cantik jika memiliki telinga yang panjang, tubuh yang terhias dengan tato, dan giginya runcing. Selain itu, meruncingkan gigi adalah sebuah penanda kedewasaan wanita. Mereka mempercayai bahwa gigi yang runcing akan memberikan kebahagiaan dan kedamaian bagi perempuan.

Pesona Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar se-Asia Tenggara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia