logo


Kuliner Unik Khas Aceh Ini Bernama Memek

simak penjelasannya

17 Oktober 2019 18:48 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia memang surganya kuliner unik. Beragam menu makanan maupun cemilan dari penjuru sudut Indonesia memang sangatlah nikmat. Tidak sekedar rasanya yang enak dan juga khas, namanya pun juga unik. Mungkin kamu akan mengira bahwa nama makanan ini terkesan jorok, tapi memang seperti itu namanya.

Daerah Istimewa Aceh punya jajanan khas dengan rasa yang enak bernama Memek. Jangan berpikiran negatif dulu ya, di daerah asalnya, Kabupaten Simeulue, memek merupakan jajanan dari campuran beras ketan dan pisang.

Walau penamaannya memiliki konotasi negatif, tapi kuliner khas Simeuelue ini sangat adiktif lho, alias bikin ketagihan. Bentuk memek sekilas sangat mirip dengan bubur. Namun, rasa pisang dan beras ketan sangrai mampu menghasilkan kolaborasi yang memanjakan lidah. Aroma gurih sedikit sangit dari beras ketan sangrainya juga menusuk ke hidung.


Pecinta Pedas Wajib Baca!! Ini Kuliner di Jakarta yang Bikin Lidah Dower

Untuk membuat memek, bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu beras ketan yang sudah disangrai, pisang, santan, garam dan gula. Selanjutnya pisang ditumbuk kasar sehingga tekstur pisangnya tidak terlalu lembut dan kemudian dicampurkan dengan semua bahan tadi.

Dulu, makanan khas ini sering dijumpai karena masyarakat Simeulue kerap membuat memek untuk disantap bersama keluarga. Namun saat ini, kuliner khas tersebut sudah mulai jarang dijumpai. Karena terbuat dengan campuran santan, alhasil makanan ini tidak tahan lama dan saat ini, memek hanya dibuat pada hari-hari tertentu atau pada saat bulan Ramadan. Makanan mirip bubur ini adalah salah satu sajian untuk berbuka puasa.

Gila! Cafe Ini Unik dan Instagrammable, Hanya Ada di Jakarta

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia