logo


Cara Sederhana Mengurangi Sampah Plastik saat Traveling

berikut penjelasannya

17 Oktober 2019 15:47 WIB

Ilustrasi Kota Terkotor / Sampah
Ilustrasi Kota Terkotor / Sampah tirto.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selain menjadi ancaman serius bagi lingkungan dan kehidupan, adanya sampah plastik juga bisa menghancurkan estetika tempat wisata, apalagi wisata alam. Berikut ini adalah tiga langkah sederhana untuk meminimalisir sampah plastik saat liburan.

1. Gunakan Tempat Minum Sendiri

Salah satu wujud sampah plastik yang sering ditemui adalah botol plastik air mineral. Gunakan tumbler atau tempat minum yang dapat dipakai berulang kali dan kamu juga bisa isi ulang saat airnya habis. Selain itu, bentuknya juga sudah beragam dan menarik.


5 Kota Wisata di Pulau Jawa Ini Biasanya Sangat Padat saat Musim Liburan atau Akhir Pekan

2. Kurangi Penggunaan Tempat Makan Sterofoam

Salah satu wadah makanan yang biasa digunakan adalah wadah berbahan sterofoam. Sterefoam sendiri merupakan bahan yang tidak bisa diuraikan oleh bumi. Sebaiknya kamu menggunakan kotak makan sendiri saat liburan. Selain praktis dan bisa disesuaikan, penggunaan kotak makan akan sangat mengurangi sampah sterofoam.

3. Totebag sebagai alternatif Kantong Plastik

Kasir minimarket biasa memasukkan belanjaanmu ke dalam kantong plastik, namun sebaiknya gantilah kebiasaan ini dengan menggunakan totebag. Selain mengurangi penggunaan plastik, totebag juga lebih kuat dan tahan lama serta bisa kamu gunakan untuk beberapa kali.

Ini yang Perlu Diperhatikan untuk Persiapan Pendakian Gunung Bagi Pemula

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia