logo


Ayo Kurangi Sampah Plastik Dengan Cara Ini, Mudah Banget!

Simak ulasan selengkapnya

17 Oktober 2019 11:46 WIB

https://www.whiteboardjournal.com/wp-content/uploads/2019/01/Ilustrasi-header-1920x1080.png
https://www.whiteboardjournal.com/wp-content/uploads/2019/01/Ilustrasi-header-1920x1080.png
dibaca 176 x

Penggunaan plastik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Bahannya yang ringan dan kuat membuat plastik banyak digunakan sehari-hari. Di samping itu, sampah plastik sangat mengancam kesehatan dan keseimbangan lingkungan.

Dikutip dari Kompas.com Senin (25/2/2019) Mentri Kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti pernah menyebutkan Indonesia sebagai negara penyumbang sampah pelastik terbesar kedua di dunia yang dibuang di laut.

Menurut data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun.


Pegulat WWE yang Berani Mencicipi Dunia MMA

Produksi sampah plastik mamang sangat sulit dihentikan, tapi sangat mungkin untuk dikurangi terutama dengan mengubah kebiasaan kecil di rumah. Upaya apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik?

1. Membatasi pemakaian kemasan plastik

Hindari membeli barang-barang dalam kemasan sachet, seperti membeli sampo, sabun, saus dan lainya, karena jenis sampah plastik sachet yang paling banyak kita hasilkan sehari-hari. Sampah plastik jenis ini dapat kita hindari dengan membeli tempat atau wadah yang bisa digunakan dalam jangka panjang.

2. Membawa Tas Belanja Sendiri

Salah satu tindakan sederhana yang bisa kita lakukan adalah membawa totebag atau tas yang terbuat dari kanvas kemanapun kamu pergi sehingga tidak perlu lagi membungkus belanjaan dengan kantong plastik, jadi tidak ada lagi tumpukan plastik di rumah dan dibuang begitu saja karena tidak dipakai lagi.

Lansia Berisiko Terkena Inkontinensia Urine, Ini Solusinya

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma