logo


Ingat Sekarang Hari Pangan Sedunia, Yuk Liat Daftar Makanan Pokok di Dunia

Simak ulasan selengkapnya

16 Oktober 2019 13:16 WIB

Foto : panganindonesia
Foto : panganindonesia
dibaca 1790 x

5. Jagung


Jagung merupakan tanaman biji-bijian yang berasal dari dataran Amerika dan menyebar ke dataran Asia dan Afrika melalui jalur perdagangan yang dilakukan oleh bangsa Eropa. Menurut catatan sejarah jagung masuk ke Indonesia sekitar abad ke- 16. Penyebaran jagung ke seluruh pelosok dunia tidak terlepas dari besarnya manfaat yang diberikan kepada manusia dan hewan. Selain itu, di dalam jagung juga terkandung beragam protein, vitamin B, mineral, dan zat besi.

Jagung memiliki kandungan Energi per 100g : 1528 kJ, Karbohidrat per 100g : 74g dan berada dikawasan : Amerika Tengah


Strategi UPSUS dengan Dirikan Posko Bersama

6. Talas/Keladi

Foto : amazon
Talas merupakan tumbuhan penghasil umbi-umbian yang Diduga asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak zaman purba, bahkan pada zaman sebelum padi ditanam orang. Umbi-umbian ini memiliki kadar gula yang rendah.

Talas memiliki kandungan Energi per 100g : 494 kJ, Karbohidrat per 100g : 28g dan berada diKawasan : Asia Tenggara, Afrika

7. Sorgum


Sorgum, berasal dari bahasa Latin. Masyarakat di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya menyebutnya dengan sebutan 'cantel'. Bentuk pohonnya menyerupai jagung dengan biji berbentuk bulat kecil. Afrika dipercaya sebagai asal tanaman ini.

Sorgum memiliki kandungan Energi per 100g : 1419 kJ, Karbohidrat per 100g : 75g dan berada dikawasan : Afrika

8. Kedelai


Kedelai, atau kacang kedelai, adalah salah satu tanaman jenis polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe.

Kedelai memiliki kandungan Energi per 100g : 615 kJ, Karbohidrat per 100g : 11g dan berada dikawasan : Asia Timur

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Rammstein, Band Asal Jerman yang Penuh Kontroversi dan Sangat Populer di Jagad Underground

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma