logo


Ingat Sekarang Hari Pangan Sedunia, Yuk Liat Daftar Makanan Pokok di Dunia

Simak ulasan selengkapnya

16 Oktober 2019 13:16 WIB

Foto : panganindonesia
Foto : panganindonesia
dibaca 213 x

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober 2019 nanti. Tema hari pangan sedunia tahun ini mengangkat “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” atau "Our action are our future, healthy diets #zerohungerworld".

Indonesia sebagai negara agraris memiliki banyak makanan pokok, namun ternyata di dunia ada beberapa jenis makanan pokok lho! Penasaran? Berikut daftarnya seperti yang dihimpun dari ilmupengetahuanumum.com dan hinet.


1. Beras (Nasi)


Strategi UPSUS dengan Dirikan Posko Bersama

Foto : shutterstock
Selain di Indonesia, nyatanya nasi putih menjadi makanan utama bagi penduduk Thailand. Bahkan, di negara tersebut terdapat jenis beras paling wangi dan manis, yaitu Jasmine Rice. Bahkan, nasi juga dijadikan sebagai makanan pokok oleh sebagian masyarakat Afrika dan Amerika Latin.

Beras memiliki kandungan Energi per 100g : 1528 kJ, Karbohidrat per 100g : 80g dan berada dikawasan : Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur.

2. Singkong (Ubi Jalar)


Singkong adalah makanan pokok yang tumbuh di kawasan kering dan tandus. Supaya aman dikonsumsi, sangat diperlukan seseorang yang paham betul dengan cara pengolahannya.

Singkong memiliki kandungan Energi per 100g : 360 kJ, Karbohidrat per 100g : 20g dan berada dikawasan : Amerika Selatan dan Afrika.

3. Kentang


Kentang adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan. Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi.

Kentang memiliki kandungan Energi per 100g : 322 kJ, Karbohidrat per 100g : 17g dan berada dikawasan : Amerika Selatan, Amerika Tengah

4. Gandum


Gandum terkenal sebagai tanaman yang dapat tumbuh di area dingin dan kering. Selain itu, pada gandum terdapat protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Umumnya, gandum diolah dengan cara dikeringkan dan dilumatkan untuk pembuatan tepung. Nantinya tepung ini akan dijadikan bahan dasar pembuatan sereal, kue, pasta, dan roti.

Gandum memiliki kandungan Energi per 100g : 1369 kJ, Karbohidrat per 100g : 71g dan berada dikawasan : Asia Tengah, Mediterania, Afrika, Timur Tengah.

Rammstein, Band Asal Jerman yang Penuh Kontroversi dan Sangat Populer di Jagad Underground

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma