logo


Obat Batuk Alami yang Sering Dijumpai di Dapur

berikut penjelasannya

15 Oktober 2019 15:43 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Flu dan batuk adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini menyerang saat kekebalan tubuh melemah baik karena kelelahan maupun perubahan cuaca.

Obat flu dan batuk memang mudah ditemukan, namun kebanyakan adalah obat yang mengandung bahan kimia. Kamu juga bisa lho meracik obat batuk alami dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang kamu temukan di dapur.

Berikut adalah bahan-bahan yang bisa meringankan gejala flu dan batuk alami tanpa menimbulkan efek samping


Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan saat Sibuk Kerja

1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang merah dan putih bisa kamu gunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai gatal pada tenggorokan. Kandungan phytochemical pada bawang merah dan antibateri pada bawang putih sangat efektif mengatasi batuk. Sebaiknya, makanlah bawang merah dan bawang putih secara mentah.

2. Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis dan lemon menjadi salah satu buah yang sering digunakan sebagai pereda batuk. Jeruk nipis dan lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan antibakteri. Kandungan lemon dan jeruk nipis tersebut dapat membunuh bakteri yang menyebabkan tenggorokan gatal.

Kamu bisa mengambil perasan air lemon dan jeruk nipis dengan dicampur satu sendok madu atau kecap. Gunakan air perasan tersebut untuk berkumur dan telan dengan perlahan.

3. Asam Jawa

Bahan dapur selanjutnya adalah asam jawa dan gula merah. Sama seperti jeruk nipis dan lemon, asam jawa juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan mampu meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

Kamu bisa membuat minuman hangat dengan campuran asam jawa dengan gula merah.

4. Jahe dan Madu

Jahe adalah salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah sebagai pereda batuk alami. Banyak obat pereda flu dan batuk yang menggunakan ekstrak jahe sebagai bahan utama.

Selain untuk menghangatkan badan dan mengurangi rasa mual, jahe juga bermanfaat untuk meredakan batuk kering maupun berdahak dan gatal. Kamu bisa meminum air rebusan jahe yang dicampur dengan madu.

Tips Simple Quality Time dengan Keluarga Saat Weekend

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia