logo


Fokus Pada Industri Elektronika dan Telematika, Kemenperin Terus Menggali Potensi

Kami aktif memperkenalkan potensi-potensi yang telah dimiliki industri ini

15 Oktober 2019 15:27 WIB

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto dok. Kemenperin

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Perindustrian sedang fokus kepada beberapa sektor menufaktur berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0. Salah satu sektor yang menjadi fokus adalah industri elektronika dan telematika.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto mengungkapkan pada sektor industri elektronika dirinya aktif memperkenalkan potensi-potensi yang ada pada sektor tersebut. Hal ini diungkapkan saat pembukaan Pameran Produk Elektronika Dan Telematika di Jakarta, Selasa (15/10).

“Oleh karena itu, kami aktif memperkenalkan potensi-potensi yang telah dimiliki industri elektronika konsumsi dan komponen, industri teknologi informasi dan komunikasi, serta industri software dan konten,” ungkap Harjanto.


Kemenperin Perkuat Ekosistem Digital IKM Melalui Platform SIIKMA, Apa Saja Manfaatnya?

Dalam sambutannya Harjanto mengungkapkan jajarannya terus berupaya menarik investasi pada sektor ini di tanah air. Hal ini merupakan upaya mendorong produk substitusi impor serta memacu agar bisa menembus pasar ekspor.

“Hal ini juga sejalan dengan kebijakan mendorong pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN),” terangnya.

Dalam bidang industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Harjanto mengemukakan, sektor tersebut memiliki karakteristik perkembangan teknologi tercepat. Kondisi ini harus dimanfaatkan oleh pelaku industri dalam negeri untuk menghasilkan produk-produk IT Solution.

“Making Indonesia 4.0 yang merupakan program pemerintah untuk mendorong penerapan teknologi digital agar bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas, didasarkan pada penerapan teknologi IoT. Pengembangan IoT Devices tidak hanya didasarkan pada teknologi, tetapi juga kreativitas pembuatnya dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh target customer-nya,” pungkasnya.

Manufaktur Global Melempem, Indonesia Makin Moncer

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman